RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PPL-1
Dosen Pengampu :
Fitri Indriani, M.Pd.I
Dra. Rini Ningsih, M.Pd
Disusun Oleh:
Rela
Tusriyanto Aji
12005281
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester
: V / 2
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
II.
Kompetensi
Dasar
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema,
latar, amanat)
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
§ Menyebutkan
unsur-unsur yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat).
§ Menjelaskan
definisi unsur-unsur yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat).
§ Menentukan
unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) dari video drama yang disimak.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
§ Dengan Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan unsur-unsur
yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
§ Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa
dapat menjelaskan definisi unsur-unsur
yang terdapat dalam cerita
§ Dengan berdisuksi, siswa dapat menentukan
unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) dari video drama yang disimak.
Nilai
Karakter yang dikembangkan:
|
disipin ( discipline), Rasa hormat dan perhatian ( respect), Tekun ( diligence
), Tanggung jawab ( responsibility ) dan Ketelitian ( carefuleness ).
|
V.
Materi Pembelajaran
§ unsur-unsur
yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat).
VI.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan :Contextual
Teaching and Learning (CTL)
§ Metode : Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan
VII.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
1. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran).
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Menanyakan
pembelajaran yang dilakukan minggu lalu.
4. Mengkonfirmasi
materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
5. Guru
mengajak siswa untuk menonton video.
B.
Kegiatan Inti
1. Guru
bertanya tentang isi dari video yang
telah ditontonya.
2. Siswa menjawab dan menjelaskan video yang
telah ditonton.
3. Guru
menjelaskan unsur-unsur
yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat) dan meminta siswa membuka buku bahasa indonesia.
4. Siswa mendengarkan dan bertanya apa bila belum jelas dengan penjelasan guru.
5. Guru bertanya pada siswa tentang tokoh,
tema, latar, amanat yang telah dijelaskan.
6. Siswa menjawab dan saling
membantu apabila ada temanya yang belum mampu menjawab dengan baik.
7. Guru membagi siswa menjadi dua
kelompok.
8. Guru mengajak siswa untuk
menonoton video cerita pendek.
9. Guru menjelaskan tugas
yang harus dilakukan setelah menonton video.
10. Siswa bersama kelompoknya
menentukan tokoh, tema, latar, amanat yang terdapat pada video yan telah
ditontonya.
11. Meminta
salah satu perwakilan kelompok untuk menjelaskan hasil diskusinya.
12. Guru
membagikan soal pada siswa.
13. Siswa
mengerjakan soal yang dibagikan guru.
14. Siswa mengumpulkan hasil jawabannya.
C.
Kegiatan Penutup
1. Siswa melakukan refleksi tentang materi yang tadi sudah
dipelajari.
2. Guru bertanya apakah pembelajaran hari ini menyenangkan
atau tidak.
3. Guru memberikan saran-saran kepada siswa.
4. Guru menutup pembelajaran dengan berdoa.
5. Guru mengakiri pembelajaran dengan salam.
VIII.
Alat dan Sumber Bahan
§ Buku
cetak Bahasa indonesia kelas V
halaman 35.
§ video
cerita pendek.
§ Gambar
tokoh cerita pendek
.
IX.
Penilaian Hasil Belajar
A.
Format
Kriteria Penilaian
1. Teknik penilaian
:
a.
Sikap : Pengamatan.
b.
Keterampilan :
Unjuk Kerja.
c.
Pengetahuan :
Tes Tertulis
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
:
a. Sikap (afektif)
Sikap dalam belajar.
No
|
NamaSiswa
|
PerubahanTingkahLaku
|
|||||||||||||||||||
Disiplin
|
Tekun
|
teliti
|
Tanggung
jawab
|
Rasa hormat
dan perhatian
|
|||||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: SB
= Sangat Baik
` B = Baik
C = Cukup
PB = Perlu Bimbingan
b. Keterampilan (Psikomotorik)
Mempersentasikan
Hasil Diskusi Kedepan Kelas
Penilaian:
UnjukKerja
Rubrik Penilaian Keterampilan menjelaskan hasil
diskusi tentang video yang telah ditonton.
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian Keterampilan
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Tanggung Jawab
|
Disiplin
|
|||||||||||
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : SB =
Sangat Baik
` B = Baik
C = Cukup
PB = Perlu Bimbingan
c.
Pengetahuan (Kognitif)
Menjawab
soal evaluasi
1.
Pokok permasalahan sebuah cerita, gagasan sentral,
atau dasar cerita adalah definisi dari…
a. tema c. latar
b. amanat d. tokoh
2.
Segala keterangan, petunjuk, pengacuan yang berkaitan
dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita adalah
pengertian dari….
a. tema c. latar
b. amanat d. tokoh
3.
Pesan pengarang yang hendak disampaikan pengarang
melalui dramanya harus dicari oleh pembaca atau penonton adalah definisi dari….
a. tema c. latar
b. amanat d. tokoh
4.
Individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami
peristiwa-peristiwa atau perlakukan dalam berbagai peristiwa cerita adlah
definisi dari….
a. tema c. latar
b. amanat d. tokoh
5.
Di suatu kampung yang damai hidup sepasang suami
istri miskin. Mereka tinggal disebuah gubuk berdinding kulit kayu dan beratap
rumbia di pinggir hutan. Sebagian atapnya sudah berlubang-lubang. Jika hujan
datang suami istri itu sibuk menambal atap tersebut dengan daun-daun kayu yang
besar.
Berdasarkan kutipan di atas,
latar cerita berada di….
a. suatu kampong dipinggiran
hutan c. kota yang ramai
b. desa yang damai d.
negeri yang aman dan damai
6. Joni dalam cerita berwatak
baik hati, Joni dalam cerita menokohkan seorang tokoh….
a. antagonis c. andalan
b. protagonis d. tokoh fiktif
7. Pemandangan Gunung, laut,
pantai merupakan contoh dari….
a. latar c. tema
b. tokoh d. amanat
8. Tokoh bawahan yang menjadi
kepercataan tokoh sentral (protagonis atau antagonis) disebut juga tokoh
a.
antagonis c. andalan
b.
protagonis d. tokoh fiktif
9. Pada zaman dahulu, sekitar
abad ke 7 hiduplah seorang raja dan permaisuri. Kata “pada abad ke 7” merupakan
latar….
a. waktu c. status
b. tempat d. pekerjaan
10. Cerita tentang wali songo
yang menyebarkan islam merupakan cerita bertemakan….
a. ketuhanan c. permainan
b. kesehatan d. penjajahan
jumlah soal = 10 buah
skor benar = 10 poin
total skor = 100 poin
Mengetahui, Yogyakarta,
25 Mei 2015
Kepala Sekolah SD Cahaya Terang Guru
Kelas IV
Dra., Rini Ningsih, M. Pd Rela Tusriyanto Aji, SPd
NIP. 19581107 197803 2 009 NIM.
12005277
Judul: RPP BAHASA INDONESIA KELAS V
Rating:
Ditulis Oleh
Rating:
Ditulis Oleh
0 komentar:
Post a Comment