RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Ahmad Dahlan
Kelas/Semester : II/1
Tema/Subtema : 4. Aku dan Sekolahku / 1. Tugas-Tugas
Sekolahku
Alokasi
Waktu : 1 x 30 menit
Pembelajaran : 1
A. KOMPETENSI INTI ( KI)
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
KOMPETENSI
DASAR
SBDP
4.11 Menirukan gerak bermain,
berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati
secara langsung atau dengan media rekam.
PPKn
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Matematika
3.4 Mengenal nilai
tukar antar pecahan uang.
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN
SBDP
4.11.1 Menirukan
gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan
secara langsung atau media yang lain.
PPKn
3.1.1 Menunjukkan
contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama
Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1.1 Berperilaku di
sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Matematika
3.4.1 Menyebutkan
berbagai nilai pecahan uang.
4.4.1 Menunjukkan
berbagai nilai pecahan uang.
D. TUJUANPEMBELAJARAN
1. Dengan
mengikuti gerakan pada lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan
percaya diri.
2. Dengan
mengamati gambar bentuk gerak anggota tubuh, siswa dapat menirukan gerakan
bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan percaya diri.
3. Dengan
mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.
4. Dengan
mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat mengajukan
pertanyaan sesuai gambar dengan percaya diri.
5. Dengan
mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat menunjukkan
contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama
Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
6. Dengan
mengamati gambar siswa yang berdoa denga khidmat, siswa dapat berperilaku di
sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara
Garuda Pancasila dengan teliti.
7. Dengan
mengamati gambar berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menyebutkan berbagai
nilai pecahan mata uang dengan teliti.
8. Dengan
mengamati berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menunjukkan berbagai nilai
pecahan mata uang dengan teliti.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Ø Lagu
“Di Sini Senang di Sana Senang"
Ø Berbagai
bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Berbagai
kegiatan di lingkungan sekitar.
Ø Contoh
perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama.
Ø Pecahan
uang.
F.
PENDEKATAN,
STATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi :
Cooperative learning
3. Metode :
Ceramah,tanya jawab, dan diskusi.
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PELAJARAN
1.
Media :
ü
Gambar berbagai kegiatan di kelas.
ü
Gambar perilaku sesuai simbol sila
pertama Pancasila.
ü
Berbagai model pecahan mata uang sampai
Rp500.
2.
Alat/bahan : Lembar kerja, alat tulis, spidol, papan tulis.
3.
Sumber Belajar : Buku Siswa dan Buku Guru kelas 2
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru
membuka pelajaran dengan berdoa.
· Guru
menyapa siswa dan menanyakan kondisi siswa
· Guru
melakukan presensi.
· Guru
menanyakan tentang pelajaran kemarin.
· Guru
menyampaikan tema/sub tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari ini
dan menyampaikan tujuan dan manfaat yang akan dicapai dan dipelajari.
|
4 menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Guru
membagi siswa menjadi 2 kelompok.
·
Siswa
bersama guru menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” sambil
menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyian.
·
Siswa
diajak mengamati gambar tentang kegiatan siswa yang sedang berdoa ketika
memulai pelajaran dengan teliti.
·
Guru
membimbing siswa untuk mengidentifikasi gambar yang diamati.
·
Siswa
mencoba mengajukan pertanyaan yang dianggap penting untuk membangkitkan rasa
ingin tahu siswa.
·
Siswa
saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dan menjawab pertanyaan.
·
Siswa
menyampaikan jawaban yang telah dibuat.
·
Siswa
yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban yang disampaikan siswa yang
tampil.
·
Siswa
diajak mengidentifikasi berbagai kegiatan lain yang dilakukan siswa di kelas
sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.
·
Siswa
membaca lancar berjudul “Awal Belajarku” yang diarahkan pada pengamalan sila
pertama Pancasila.
·
Siswa
menjawab pertanyaan sesuai isi teks tentang sila pertama Pancasila.
·
Siswa
mengamati gambar tentang sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.
·
Siswa
menjawab pertanyaan tentang gambar yang telah diamati.
·
Siswa
menjelaskan gambar dengan bahasa sendiri berdasarkan sikap yang pantas dan
tidak pantas ditiru.
·
Siswa
dibimbing guru untuk selalu menjalankan perintah agama dengan tekun.
Misalnya:
saling berbagi terhadap sesama.
·
Siswa
diarahkan pada pengenalan berbagai pecahan uang.
·
Siswa
diajak bertanya jawab tentang berbagai pecahan uang yang pernah diamati.
·
Siswa
diajak mengamati gambar berbagai pecahan uang pada buku siswa.
·
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang pecahan uang yang ada pada buku siswa.
·
Siswa
kemudian menyelesaikan soal-soal tentang pecahan uang yang disediakan pada
kolom latihan.
·
Siswa
mengoreksi jawaban yang telah dibuat.
·
Siswa
yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban masing-masing siswa.
·
Secara
berkelompok siswa diminta menjawab pertanyaan guru.
|
20 menit
|
Penutup
|
·
Siswa
bersama guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
·
Siswa
mengumpulkan hasil kerja.
· Guru
memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut.
·
Guru
mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup pelajaran.
|
6 menit
|
I. PENILAIAN
a.
Teknik
penilaian :
Penilaian sikap : Percaya diri, teliti.
Penilaian : Observasi (Pengamatan)
Bentuk Penilaian : Daftar
cek
Lembar Pengamatan Perubahan Tingkah laku pada
Siswa.
Berilah
tanda centang (√)
pada kolom yang sesuai!
No
|
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Teliti
|
4
|
Sangat
teliti dalam mengerjakan tugas.
|
3
|
Teliti
dalam mengerjakan tugas.
|
||
2
|
Kurang
teliti dalam melaksanakan tugas
|
||
1
|
Tidak
teliti dalam melaksanakan tugas
|
||
2
|
Percaya
diri
|
4
|
Sangat
percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
|
3
|
Percaya
diri dalam melaksanakan tugas dari guru
|
||
2
|
Kurang
percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
|
||
1
|
Tidak
percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
|
Lembar pengamatan :
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Deskripsi
|
|||||||
Teliti
|
Percaya
diri
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Teknik Penilaian :
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
Bentuk
Penilaian : Daftar Cek
Lembar penilaian bermain menirukan
Gerakan Anggota Tubuh
Kriteria
Penilaian
|
Terlihat
|
Belum
terlihat
|
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi
menirukan gerakan anggota tubuh.
|
|
|
2.
Siswa terlibat aktif dalam
menirukan gerakan anggota tubuh
|
|
|
3.
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah menirukan gerakan anggota tubuh
|
|
|
Hasil
Penilaian Bermain Menirukan Gerakan Anggota Tubuh
No
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria
3
|
|||
Terlihat
|
Belum terlihat
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
Terlihat
|
Belum
terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Teknik penilaian :
Penilaian pengetahuan :
ü
Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan
daftar Periksa
ü
Penilaian menentukkan berbagai pecahan
uang dengan skor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
a.
Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan
daftar Periksa
Kriteria
|
Tercapai
|
Tidak
tercapai
|
1.
Mampu mengajukan pertanyaan
sesuai gambar dengan bahasa sendiri
|
|
|
2.
Mampu menjawab pertanyaan teman
dengan benar
|
|
|
Hasil Penilaian mengajukan pertanyaan
dengan daftar periksa
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria
2
|
||
Terlihat
|
Belum terlihat
|
Terlihat
|
Belum
terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian menentukkan berbagai pecahan
uang dengan skor
Banyak
soal 5
Mengetahui
Kepala Sekolah SD Ahmad Dahlan
.............................................................
NIP.
|
|
Yogyakarta, 23 April 2015
Guru Kelas
Gandes Noor Yuana
NIM.
12005273
|
Judul: RPP K 13, KELAS 3, TEMA Aku dan Sekolahku
Rating:
Ditulis Oleh
Rating:
Ditulis Oleh
This is how my friend Wesley Virgin's story launches with this SHOCKING and controversial VIDEO.
ReplyDeleteYou see, Wesley was in the army-and soon after leaving-he discovered hidden, "self mind control" secrets that the CIA and others used to get everything they want.
As it turns out, these are the EXACT same tactics tons of famous people (especially those who "come out of nowhere") and elite business people used to become wealthy and successful.
You probably know how you use less than 10% of your brain.
That's mostly because the majority of your brainpower is UNTAPPED.
Maybe that conversation has even taken place INSIDE your own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind 7 years ago, while driving a non-registered, beat-up garbage bucket of a vehicle without a license and $3.20 in his bank account.
"I'm so frustrated with going through life check to check! Why can't I become successful?"
You took part in those types of questions, am I right?
Your own success story is waiting to start. Go and take a leap of faith in YOURSELF.
CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S METHOD