RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Ahmad Dahlan
Kelas/Semester : I/1
Tema/Subtema :1. Diriku/ Tubuhku
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
Pembelajaran :1
A. Kompetensi
Inti ( KI)
KI
1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI
4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi
Dasar
Matematika
3.1.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
PJOK
3.1. Mengetahui bagian-bagian
tubuh manusia dan kegunaannya
SBDP
4.7. Menyanyikan lagu
anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
C. Indikator
Pencapaian
Matematika
· Menghitung
banyak benda 1-5
· Menuliskan
lambang bilangan 1-5
PJOK
· Menunjukkan
bagian-bagian tubuh dengan tepat
SBDP
· Menyanyikan
lagu “Dua Mata Saya” dengan irama yang tepat
· Menjelaskan
isi lagu yang dinyanyikan
D. TujuanPembelajaran
·
Setelah
mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
dengan syair dan irama lagu yang tepat.
·
Setelah
bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
·
Setelah
mengamati teman yang ada di depan kelas siswa dapat menghitung jumlah anggota
tubuh dengan tepat.
·
Setelah
mengamati teman yang ada di depan kelas siswa dapat menuliskan jumlah anggota
tubuh dengan tepat.
Permainan
“Guru Berkata, Pegang ....”
Tujuan
pembelajaran:
·
Dengan
bermain, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat.
·
Dengan
mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan
tertib.
E. Materi
Pembelajaran
·
Syair lagu “Dua Mata Saya”
·
Mengenal Anggota Tubuh
·
Permainan “Guru
Berkata, Pegang ....”
F. Pendekatan,
stategi dan metode pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Active Learning and Student Center Learning
Metode : Ceramah, tanya
jawab, permainan.
G. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
1.
Media :
Syair lagu “Berhitung”, syair lagu “Dua Mata Saya”, diri anak, syair lagu “Kepala Pundak”
2. Alat/bahan : LCD, proyektor, spidol, kertas
3. Sumber
Belajar : Buku siswa
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
||||||
Pendahuluan
|
· Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa.
· Guru
menyapa siswa dan menanyakan kondisi siswa (menanyakan apa kabar, ada yang
sakit atau tidak, sekarang hari apa tanggal berapa dsb)
· Guru
melakukan presensi.
· Guru
menanyakan tentang pelajaran kemarin.
· Guru
memberi motivasi dengan menyanyikan lagu “Berhitung”
· Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat yang akan dicapai dan dipelajari.
· Guru
menyampaikan tema/sub tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari
ini.
|
7 menit
|
||||||
Kegiatan
Inti
|
· Guru
memulai kegiatan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
· Siswa
menyanyikan lagu bersama-sama disertai
tepukan sesuai irama.
· Setelah
semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara berkelompok
untuk menyanyikan lagu tersebut.
· Setelah
semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta salah satu siswa
untuk maju dan siswa lain mengamati anggota tubuh siswa yang ada di depan
kelas.
· Siswa
dan guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh
sambil menunjuk bagian-bagian tubuh siswa yang ada di depan kelas.
· Siswa
berlatih menghitung banyaknya anggota tubuh.
· Siswa
dan guru melakukan permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
· Dalam
permainan ini siswa akan memegang bagian tubuh sesuai instruksi guru.
· Siswa
diminta berdiri.
· Guru
akan mengucapkan kata “Ibu berkata...pegang hidung! (maka siswa diminta
memegang hidungnya).
· Untuk
melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan
yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru
memegang kepala.
· Seterusnya,
siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai abaaba guru.
· Selesai
kegiatan siswa diminta maju dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai
dengan permainan.
· Guru
menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.
|
18 menit
|
||||||
Penutup
|
·
Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran
yang telah dilakukan.
· Siswa bersama
guru menyimpulkan materi pembelajaran.
·
Siswa mengumpulkan hasil kerja.
·
Guru memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut.
·
Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa
dilanjutkan menutup pelajaran.
|
10
menit
|
I.
Penilaian
a.
Teknik
penilaian :
Penilaian sikap : Percaya
diri, disiplin, dan kerja sama
Penilaian : Observasi
(Pengamatan)
Bentuk Penilaian : Daftar Cek
Tema : Diriku Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret 2015
Subtema : Tubuhku Kelas : 1 (Satu)
Lembar Pengamatan Sikap
Nama Siswa
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Kerja sama
|
||||||||
Tidak berani tampil
|
Berani tampil
|
Berani berbicara
|
Berani tampil,
berbicara dan benar
|
Tidak tepat waktu
dan tugas
|
Tepat waktu
|
Tepat tugas
|
Tepat waktu dan
tugas
|
Tidak bisa berkomunikasi dengan teman
|
Berani berkomunikasi dengan teman
|
Berani berkomunikasi dan tepat pada
pembelajaran
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
|
Mindiarti Dwi S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Khamid Budiman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ginanjar Agung J
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Heru Suprihatin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ria Tri Kurniasih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Teknik
Penilaian :
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
Bentuk
Penilaian : Daftar cek
Tema :
Diriku Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret 2015
Subtema : Tubuhku Kelas :
1 (Satu)
KD : 4.7. Menyanyikan lagu
anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator : Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
dengan irama yang tepat
Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
Lembar
Pengamatan Keterampilan
No
|
Nama
|
Kriteria
|
|||||||
Penguasaan
Lagu
|
Ketepatan mengisi banyak anggota tubuh
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Mindiarti Dwi S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Khamid Budiman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ginanjar Agung J
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Heru Suprihatin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Ria Tri Kurniasih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Menyanyikan Lagu
“Dua Mata Saya” dan mengenal anggota tubuh.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Penguasaan
lagu
|
Siswa hafal
seluruh syair
lagu, irama
tepat
|
Siswa hafal
seluruh
syair lagu,
irama
kurang tepat
atau
sebaliknya.
|
Siswa hafal
sebagian
kecil syair lagu
|
Siswa belum hafal syair lagu
|
2.
|
Ketepatan
mengisi banyak anggota tubuh
|
Semua
tepat
|
Tepat
5-6
|
Tepat
3-4
|
Tepat1-2
|
c.
Teknik
Penilaian :
Penilaian
Pengetahuan : Menghitung banyak
anggota tubuh dan menuliskan lambang bilangannya
Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk
Penilaian : Jawaban Singkat
Tema :
Diriku Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret 2015
Subtema : Tubuhku Kelas :
1 (Satu)
KD : 3.1. Mengenal bilangan asli
sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah,
atau tempat bermain.
Indikator : Menghitung
banyak benda 1-5
Menuliskan lambang bilangan 1-5
Berapa banyak benda di
bawah ini ?
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
|
||||||||||||||
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
.......................... Gandes
Noor Yuana
NIM:
12005273
Judul: RPP KURIKULUM 2013, Kelas/Semester: I/1, Tema/Subtema :1. Diriku/ Tubuhku
Rating:
Ditulis Oleh
Rating:
Ditulis Oleh
As reported by Stanford Medical, It's in fact the SINGLE reason women in this country live 10 years more and weigh on average 42 pounds lighter than we do.
ReplyDelete(And realistically, it is not related to genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING to about "how" they eat.)
P.S, I said "HOW", not "WHAT"...
TAP this link to reveal if this brief test can help you decipher your true weight loss possibility