Kelas IV, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1.
Memahami
dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
1.2 Mengurutkan bilangan
1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
1.5 Melakukan penaksiran dan pembulatan
1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan uang
|
2.
Memahami
dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil
(KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
KPK dan FPB
|
Geometri dan Pengukuran
3.
Menggunakan
pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak
baku dan satuan derajat
3.2 Menentukan hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
satuan waktu, panjang dan berat
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
satuan kuantitas
|
4.
Menggunakan
konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan keliling
dan luas jajargenjang dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
|
Kelas IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5.
Menjumlahkan
dan mengurangkan bilangan bulat
|
5.1 Mengurutkan bilangan bulat
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
5.3 Mengurangkan bilangan bulat
5.3 Melakukan operasi hitung campuran.
|
6.
Menggunakan
pecahan dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
6.2 Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
6.3 Menjumlahkan pecahan
6.4 Mengurangkan pecahan
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan.
|
7.
Menggunakan
lambang bilangan Romawi
|
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan
Romawi dan sebaliknya.
|
Geometri
dan Pengukuran
8.
Memahami
sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
|
8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang
sederhana
8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun
datar simetris
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar
|
Kelas V, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1.
Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan
KPK dan FPB
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan
bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi hitung, KPK dan FPB.
|
Geometri
dan Pengukuran
2.
Menggunakan
pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan
notasi 24 jam
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
waktu, jarak, dan kecepatan.
|
3.
Menghitung
luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menghitung luas trapesium dan layang-
layang
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas bangun datar.
|
4.
Menghitung
volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
|
Kelas V, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5.
Menggunakan
pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala.
|
Geometri
dan Pengukuran
6.
Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun
ruang sederhana
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan
simetri
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
bangun datar dan bangun ruang sederhana.
|
Kelas VI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
|
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan
kubik
1.3 Menyelesaikan
masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat.
|
Geometri dan Pengukuran
2.
Menggunakan pengukuran volume per waktu
dalam pemecahan masalah
|
2.1 Mengenal satuan debit
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
satuan debit
|
3.
Menghitung
luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
|
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan
gabungan dari dua bangun datar sederhana
3.2 Menghitung luas lingkaran
3.3 Menghitung
volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
|
Pengolahan
Data
4.
Mengumpulkan
dan mengolah data
|
4.1 Mengumpulkan dan membaca data
4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk
tabel
4.3 Menafsirkan sajian data
|
Kelas VI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5.
Melakukan
operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu
bilangan atau kuantitas tertentu
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala.
|
Geometri dan Pengukuran
6.
Menggunakan
sistem koordinat dalam pemecahan masalah
|
6.1 Membuat denah letak benda
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat
Kartesius.
|
Pengolahan
Data
7.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan data
|
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram
gambar, batang, dan lingkaran
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus
sekumpulan data
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai
tertinggi dan terendah
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data.
|
Judul: Standar Kompetensi - Kompetensi Dasar Matematika Kelas 4 s.d.6
Rating:
Ditulis Oleh
Rating:
Ditulis Oleh
0 komentar:
Post a Comment