Standar Kompetensi - Kompetensi Dasar Matematika Kelas 4 s.d.6


Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
1.      Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

1.1   Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
1.2   Mengurutkan bilangan
1.3   Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1.4   Melakukan operasi hitung campuran
1.5   Melakukan penaksiran dan pembulatan
1.6   Memecahkan masalah yang melibatkan uang

2.      Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
2.1   Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
2.2   Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
2.3   Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
2.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB

Geometri dan Pengukuran
3.      Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
3.1   Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
3.2   Menentukan hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
3.3   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
3.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas

4.      Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
4.1   Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga




Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
5.      Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
5.1   Mengurutkan bilangan bulat
5.2   Menjumlahkan bilangan bulat
5.3   Mengurangkan bilangan bulat
5.3   Melakukan operasi hitung campuran.

6.      Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
6.1   Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
6.2   Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
6.3   Menjumlahkan pecahan
6.4   Mengurangkan pecahan
6.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan.

7.      Menggunakan lambang bilangan Romawi
7.1   Mengenal lambang bilangan Romawi
7.2   Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya.

Geometri dan Pengukuran
8.      Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
8.1   Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
8.2   Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
8.3   Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris
8.4   Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar









Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
1.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
1.1   Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2   Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.3   Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
1.4   Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB.

Geometri dan Pengukuran
2.      Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.1   Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
2.2   Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3   Melakukan pengukuran sudut
2.4   Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.

3.      Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.1   Menghitung luas trapesium dan layang- layang
3.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.

4.      Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.1   Menghitung volume kubus dan balok
4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan  dengan volume kubus dan balok





Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
5.      Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1   Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3   Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4   Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala.

Geometri dan Pengukuran
6.      Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
6.1   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3   Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
6.4   Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
6.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana.
















Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
1.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

1.1   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
1.2   Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
1.3   Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat.

Geometri dan Pengukuran
2.      Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah

2.1   Mengenal satuan debit
2.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
3.      Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
3.1   Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
3.2   Menghitung luas lingkaran
3.3   Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran

Pengolahan Data
4.      Mengumpulkan dan mengolah data
4.1   Mengumpulkan dan membaca data
4.2   Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
4.3   Menafsirkan sajian data








Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
5.      Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
5.1   Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
5.2   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
5.3   Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
5.5   Memecahkan masalah perbandingan dan skala.

Geometri dan Pengukuran
6.      Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
6.1   Membuat denah letak benda
6.2   Mengenal koordinat posisi sebuah benda
6.3   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius.

Pengolahan Data
7.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
7.1   Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang, dan lingkaran
7.2   Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
7.3   Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
7.4   Menafsirkan hasil pengolahan data.



thumbnail
Judul: Standar Kompetensi - Kompetensi Dasar Matematika Kelas 4 s.d.6
Rating:
Ditulis Oleh

Artikel Terkait KURIKULUM 2013 :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz