RPP ini saya buat untuk micro teaching saat mengikuti perkuliahan PPL.
berikut saya tuliskan RPP yang saya buat...
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PPL-1
Dosen
Pengampu :
Fitri
Indriani, M.Pd.I
Dra. Rini Ningsih, M.Pd
Disusun
Oleh:
Rela
Tusriyanto Aji
12005281
T
UNIVERSITAS
AHMAD DAHLAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SD N Pandawa 5
Kelas / Semester :
2 / 1
Tema / subtema :
Hidup Rukun / Hidup Rukun di Rumah
Petemuan ke : 1
Semester :
1 (satu)
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
v Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
v Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru
v Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
v Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.1 Mengenal
bilangan asli sampai 500
menggunakan “toples bilangan”.
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian
tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
PKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu
di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
rumah dan sekolah.
Seni, Budaya, dan Prakarya
3.1 Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan
diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari.
C. INDIKATOR
Matematika
3.1.2 Membilang sampai 500.
3.1.3
mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar.
Bahasa Indonesia
3.3.4 Mencatat peran masing-masing anggota
keluarga.
4.3.2 Membaca teks buku
harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
PKn
3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan hobi.
4.3.2 menunjukkan sikap kebersamaan dengan anggota
keluarga dan teman yang berbeda kegemaran.
Seni, Budaya, dan Prakarya
3.1.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam
mengekspresikan diri dengan bernyanyi.
3.1.2 Memperlihatkan sikap saling menghormati karakteristik
anggota keluarga dan teman.
D.
TUJUAN
- Dengan menggunakan toples bilangan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
- Dengan membaca teks, siswa mampu meningkatkan pemahaman tentang perntingnya menjaga kerukunan.
- Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan hobi
- Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran dengan bahasa yang santun dan percaya diri
- Dengan menjawab pertanyaan tentang keberagaman dalam keluarga berdasarkan hobi, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan telit
- Dengan kegiatan tanya jawab tentang kebersamaan dalam keluarga, siswa dapat memahami keberagaman setiap individu di rumah berdasarkan hobi masing-masing.
- Dengan menyanyikan lagu. siswa dapat menunjukan sikap percaya diri dalam bernyanyi.
E.
MATERI
Matematika
v
Bilangan
asli sampai 500.
Bahasa Indonesia
v Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
PKn
v
Keberagaman
anggota keluarga dan teman berdasarkan jenis hobi serta karakteristiknya.
v
Seni, Budaya, dan Prakarya
v Menyanyikan lagu ”sayang
semuanya”
F. PENDEKATAN, MODEL & METODE
Pendekatan :
Ilmiah (Scientific approach)
Model
Pembelajaran : Tematik terpadu
(Integrated Thematic Instruction)
Metode :
Ceramah, pengamatan, tanya jawab.
G. MEDIA/ALAT/SUMBER
BELAJAR
1. Media :
-
Toples
bilangan.
-
Powerpoint.
2. Alat dan
Bahan :
-
Pensil.
-
Buku
tulis.
3.
Sumber
Belajar :
-
Buku
Pegangan Siswa kelas II tema I, sub tema II
-
Lingkungan
keluarga.
-
Lingkungan
sekolah.
-
Pengalaman
siswa.
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Guru melakukan apersepsi.
4. Mengonfirmasi
tema atau sub tema yang akan diajarkan yaitu tentang “hidup rukun / hidup rukun di
rumah”
5. Mengkonfirmasi tujuan pembelajaran.
|
7 menit
|
Inti
|
Mengamati:
1.
Guru menampilkan media pembelajaran berupa Toples
bilangan.
2. Guru menjelaskan fungsi toples bilangan.
3. Guru menyampaikan materi bilangan asli.
Menanya:
4. Siswa bertanya tentang kegiatan yang akan dilakukan
dengan replika
jemuran baju.
Mengumpulkan Informasi:
5. Siswa
membaca contoh teks buku
harian.
Mengolah Informasi:
6. Guru meminta siswa untuk menuliskan beberapa kalimat
isi dari buku harian berdasarkan pengalamanya.
Mengkomunikasikan:
7. Guru meminta pada salah satu siswa unttuk membacakan
hasil tulisanya.
8. Guru mengajak siswa untuk bersama sama bernyanyi lagu
“sayang semuanya”.
9. Guru
membimbing siswa bernyanyi dengan
ekspresif.
|
20
menit
|
Penutup
|
1. Siswa
dibimbing untuk menarik simpulan tentang pembelajaran hari ini.
2. Guru meminta siswa mengumpulkan tugas yang
diberikan.
3. Guru mengkonfirmasi materi yang akan dipelajari selanjutnya.
4. Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah
dipelajari siswa.
5. Guru memberikan nasihat pada siswa agar lebih
semangat dalam menuntut ilmu.
6. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran).
|
8 menit
|
A. PENILAIAN
Teknik Penilaian :
a.
Penilaian
Sikap: Rubrik Penilaian Sikap.
b.
Penilaian
Pengetahuan: Tes tertulis
1) Menuliskan teks buku harian siswa.
2) Menjawab
soal tentang bilangan asli sampai 500.
c.
Penilaian
Keterampilan: Penilaian Unjuk Kerja
1) Menyanyikan dan mengekspresikan lagu.
Bentuk Instrumen
Penilaian :
a. Penilaian
Sikap: Rubrik Penilaian Sikap
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Subtema :
1. Hidup rukun di rumah
No.
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudayakan
|
Ket.
|
1.
|
bersahabat
|
|||||
2.
|
Bertanggung jawab
|
|||||
3.
|
Kerjasama
|
|||||
4.
|
Kemandirian
|
b. Penilaian Pengetahuan
Muatan Bahasa Indonesia dan pkn
1.
Tuliskan
sikap baik anggota keluarga (ayah) dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari
berdasarkan hobinya.
2.
Tuliskan
sikap baik anggota keluarga (ibu) dan
kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berdasarkan hobinya.
3.
Tuliskan
sikap baik anggota keluarga (kakak / adik)
dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berdasarkan hobinya.
4.
Tuliskan
sikap baik anggota keluarga (diri sendiri)
dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berdasarkan hobinya.
5.
Tuliskan
sikap baik teman dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berdasarkan hobinya.
Skor
Lembar Evaluasi:
Dalam soal terdapat lima komponen yaitu ayah, ibu,
kakak, adik, dan diri sendiri / saudara.
Setiap komponen
apabila terjawab dengan baik bernilai 20 poin.
Maka 5 x 20
=100
Total nilai = 100
Muatan Bahasa Indonesia dan pkn
No
|
Nama peserta didik
|
Nilai
bahasa
|
Nilai
pkn
|
1
|
akbar
|
||
2
|
agung
|
||
3
|
angggi
|
||
4
|
ari
|
||
5
|
budi
|
||
6
|
gandes
|
||
7
|
heru
|
||
8
|
mindi
|
||
9
|
afghan
|
||
10
|
ria
|
ratusan
|
puluhan
|
satuan
|
**
|
*****
|
**
|
Angkanya adalah:
|
1.
ratusan
|
puluhan
|
satuan
|
***
|
****
|
***
|
Angkanya adalah:
|
2.
ratusan
|
puluhan
|
satuan
|
*
|
********
|
****
|
Angkanya adalah:
|
3.
ratusan
|
puluhan
|
satuan
|
**
|
*
|
**
|
Angkanya adalah:
|
4.
ratusan
|
puluhan
|
satuan
|
****
|
*****
|
*
|
Angkanya adalah:
|
5.
Setiap komponen apabila
terjawab dengan benar bernilai 20 poin.
Maka jumlah skor 5 x 20=100
c. Penilaian Keterampilan: Penilaian Unjuk Kerja
bernyanyi lagu sayang
semuanya
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan
(1)
|
1
|
Komponen nada dan irama
|
Memenuhi 3 komponen (nada, irama dan tempo)
|
Memenuhi 2 dari 3 komponen
|
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
2
|
Pengucapan
dan gerakan
|
Memenuhi
3 komponen ( artikulasi, kejelasan lagu , ekspresi)
|
Memenuhi 2 dari 3 komponen
|
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru Kelas 2
………………………… ………………………….
NIP.
…………………… NIP. ……………………
saya akui masih banyak yang harus dikembangkan untuk mencapai kesempurnaan dalam membuat RPP, harap saran dan kometar yang membangun agar RPP yang saya buat bisa lebih baik lagi.
Judul: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) kelas 2 semester 1 tema hidup rukun
Rating:
Ditulis Oleh
Rating:
Ditulis Oleh
Revisinya Tahun berapa yang kak ??
ReplyDelete