RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) kelas 2 semester 1 tema hidup rukun

salam jumpa sahabat blogger, kali ini saya akan membaikan contoh rpp kelas II semester I.
RPP ini saya buat untuk micro teaching saat mengikuti perkuliahan PPL.


 berikut saya tuliskan RPP yang saya buat...

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

PPL-1
Dosen Pengampu :
Fitri Indriani, M.Pd.I
     Dra. Rini Ningsih, M.Pd










Disusun Oleh:
Rela Tusriyanto Aji
12005281
T

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan       :  SD N Pandawa 5
Kelas / Semester           :  2 / 1
Tema / subtema             :  Hidup Rukun / Hidup Rukun di Rumah
Petemuan ke                 :  1
Semester                       :  1   (satu)
Alokasi Waktu              :  1 x 35 menit

A. KOMPETENSI INTI
v  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
v  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
v  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
v  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
         Matematika
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 500 menggunakan “toples bilangan”.

Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Seni, Budaya, dan Prakarya
3.1 Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari.

C.  INDIKATOR
Matematika
3.1.2 Membilang sampai 500.
3.1.3 mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar.
Bahasa Indonesia
3.3.4  Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
4.3.2 Membaca teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
PKn
3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan hobi.
4.3.2 menunjukkan sikap kebersamaan dengan anggota keluarga dan teman yang berbeda kegemaran.
Seni, Budaya, dan Prakarya
3.1.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengekspresikan diri dengan bernyanyi.
3.1.2 Memperlihatkan sikap saling menghormati karakteristik anggota keluarga dan teman.

D. TUJUAN
  1.   Dengan menggunakan toples bilangan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
  2.   Dengan membaca teks, siswa mampu meningkatkan pemahaman tentang perntingnya menjaga kerukunan.
  3. Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan hobi
  4. Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat  menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran dengan bahasa yang santun dan percaya diri
  5. Dengan menjawab pertanyaan tentang keberagaman dalam keluarga berdasarkan hobi, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan telit 
  6.   Dengan kegiatan tanya jawab tentang kebersamaan dalam keluarga, siswa dapat memahami keberagaman setiap individu di rumah berdasarkan hobi masing-masing.
  7.  Dengan menyanyikan lagu. siswa dapat menunjukan sikap percaya diri dalam bernyanyi.
E. MATERI
Matematika
v  Bilangan asli sampai 500.
Bahasa Indonesia
v  Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
PKn
v  Keberagaman anggota keluarga dan teman berdasarkan jenis hobi serta karakteristiknya.
v   
Seni, Budaya, dan Prakarya
v  Menyanyikan lagu ”sayang semuanya”

F. PENDEKATAN, MODEL & METODE
Pendekatan                   : Ilmiah (Scientific approach)
Model Pembelajaran     : Tematik terpadu (Integrated Thematic Instruction)
Metode                         : Ceramah, pengamatan, tanya jawab.

G. MEDIA/ALAT/SUMBER BELAJAR
1.            Media :
-          Toples bilangan.
-          Powerpoint.
2.      Alat dan Bahan :
-          Pensil.
-          Buku tulis.
3.      Sumber Belajar :
-          Buku Pegangan Siswa kelas II tema I, sub tema II
-          Lingkungan keluarga.
-          Lingkungan sekolah.
-          Pengalaman siswa.

H.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.    Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.    Guru melakukan apersepsi.
4.    Mengonfirmasi tema atau sub tema yang akan diajarkan yaitu tentang “hidup rukun / hidup rukun di rumah
5.    Mengkonfirmasi tujuan pembelajaran.

7 menit
Inti
Mengamati:
1.      Guru menampilkan media pembelajaran berupa Toples bilangan.
2.      Guru menjelaskan fungsi toples bilangan.
3.      Guru menyampaikan materi bilangan asli.
Menanya:
4.      Siswa bertanya tentang kegiatan yang akan dilakukan dengan replika jemuran baju.
Mengumpulkan Informasi:
5.      Siswa membaca contoh teks buku harian.
Mengolah Informasi:
6.      Guru meminta siswa untuk menuliskan beberapa kalimat isi dari buku harian berdasarkan pengalamanya.
Mengkomunikasikan:
7.      Guru meminta pada salah satu siswa unttuk membacakan hasil tulisanya.
8.      Guru mengajak siswa untuk bersama sama bernyanyi lagu “sayang semuanya”.
9.      Guru membimbing siswa bernyanyi dengan ekspresif.
20 menit
Penutup
1.      Siswa dibimbing untuk menarik simpulan tentang pembelajaran hari ini.
2.      Guru meminta siswa mengumpulkan tugas yang diberikan.
3.      Guru mengkonfirmasi materi yang akan dipelajari selanjutnya.
4.      Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari siswa.
5.      Guru memberikan nasihat pada siswa agar lebih semangat dalam menuntut ilmu.
6.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
8 menit


A.    PENILAIAN
Teknik Penilaian :
a.      Penilaian Sikap: Rubrik Penilaian Sikap.
b.      Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
1)      Menuliskan teks buku harian siswa.
2)      Menjawab soal tentang bilangan asli sampai 500.
c.       Penilaian Keterampilan: Penilaian Unjuk Kerja
1)      Menyanyikan dan mengekspresikan lagu.

Bentuk Instrumen Penilaian :
a.      Penilaian Sikap: Rubrik Penilaian Sikap
Nama Peserta Didik  : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan            : …………………..
Subtema                                 : 1. Hidup rukun di rumah
No.
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudayakan
Ket.
1.
bersahabat





2.
Bertanggung jawab





3.
Kerjasama





4.
Kemandirian






b.   Penilaian Pengetahuan
Muatan Bahasa Indonesia dan pkn
1.      Tuliskan sikap baik anggota keluarga (ayah) dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berdasarkan hobinya.
2.      Tuliskan sikap baik anggota keluarga (ibu)  dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berdasarkan hobinya.
3.      Tuliskan sikap baik anggota keluarga (kakak / adik)  dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berdasarkan hobinya.
4.      Tuliskan sikap baik anggota keluarga (diri sendiri)  dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berdasarkan hobinya.
5.      Tuliskan sikap baik teman dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari berdasarkan hobinya.



Skor Lembar Evaluasi:
Dalam soal terdapat lima komponen yaitu ayah, ibu, kakak, adik, dan diri sendiri / saudara.
 Setiap komponen apabila terjawab dengan baik bernilai 20 poin.
 Maka 5 x 20 =100
Total nilai = 100
Muatan Bahasa Indonesia  dan pkn

No
Nama peserta didik
Nilai
bahasa

Nilai
pkn
1
akbar


2
agung


3
angggi


4
ari


5
budi


6
gandes


7
heru


8
mindi


9
afghan


10
ria






















Muatan matematika
ratusan
puluhan
satuan
**
*****
**
Angkanya adalah:
1.       
ratusan
puluhan
satuan
***
****
***
Angkanya adalah:
2.       
ratusan
puluhan
satuan
*
********
****
Angkanya adalah:
3.       
ratusan
puluhan
satuan
**
*
**
Angkanya adalah:
4.       
ratusan
puluhan
satuan
****
*****
*
Angkanya adalah:
5.       

Setiap komponen apabila terjawab dengan benar bernilai 20 poin.
Maka jumlah skor 5 x 20=100

c.   Penilaian Keterampilan: Penilaian Unjuk Kerja
bernyanyi lagu sayang semuanya
No
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
1
Komponen nada dan irama
Memenuhi 3 komponen (nada, irama dan tempo)
Memenuhi 2 dari 3 komponen
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
Tidak memenuhi 3 komponen
2
Pengucapan dan gerakan
Memenuhi 3 komponen ( artikulasi, kejelasan lagu , ekspresi)
Memenuhi 2 dari 3 komponen
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
Tidak memenuhi 3 komponen





Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                                 Guru Kelas 2



…………………………                                                        ………………………….
NIP. ……………………                                                       NIP. ……………………



saya akui masih banyak yang harus dikembangkan untuk mencapai kesempurnaan dalam membuat RPP, harap saran dan kometar yang membangun agar RPP yang saya buat bisa lebih baik lagi.


thumbnail
Judul: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) kelas 2 semester 1 tema hidup rukun
Rating:
Ditulis Oleh

1 komentar:

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz