salam jumpa sahabat blogger, kali ini saya akan membaikan contoh rpp kelas 3 semester 2.
RPP ini saya buat untuk micro teaching saat mengikuti perkuliahan PPL.
RPP yang tertera di bawah masih sangat banyak kekuanganya, saya menghaapkan komenta serta saan yang membangun.
berikut saya tuliskan RPP yang saya buat...
RPP ini saya buat untuk micro teaching saat mengikuti perkuliahan PPL.
RPP yang tertera di bawah masih sangat banyak kekuanganya, saya menghaapkan komenta serta saan yang membangun.
berikut saya tuliskan RPP yang saya buat...
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
PPL-1
Dosen Pengampu :
Fitri Indriani, M.Pd.I
Dra. Rini Ningsih, M.Pd

Disusun Oleh:
Rela Tusriyanto Aji
12005281
T
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SD N 5 Tempel
Kelas / Semester :
3 / 2
Tema / subtema :
indahnya persahabatan
Petemuan ke : 1
Semester :
1 (satu)
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
v
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yangdianutnya
v
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,teman, tetangga dan guru.
v
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati danmenanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
v
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
PKn
3.1 Mengenal sikap dan perilaku baik (jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
Bahasa Indonesia
4.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
Seni, Budaya, dan Prakarya
3.1 Mengenal gambar hewan dengan latar belakang alam.
C.
INDIKATOR
PKn
3.1.1 menyebutkan sikap dan prilaku yang harus
dilakukan dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.1.2 Menjelaskan sikap dan prilaku yang harus
dilakukan dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
Bahasa Indonesia
3.1.3 Menuliskan informasi dari bacaan dan cerita
dengan baik dan benar.
4.1.3 menjelaskan informasi dari bacaan dan cerita
dengan baik dan benar.
Seni, Budaya dan Prakarya
3.1.2 Berkreasi
menggambarkan hewan dengan suasana alami habitat hewan.
D. TUJUAN
v
Setelah
menyebutkan tentang sikap dan
perilaku baik dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila siswa mampu memahami dan menerapkan dengan
baik dalam kehidupan sehari-hari.
v
Setelah
menjelaskan tentang sikap dan
perilaku baik dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila siswa mampu memahami dan menerapkan dengan
baik dalam kehidupan sehari-hari.
v
Setelah
menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain
berdasarkan rasa ingin tahu, siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam memperoleh dan memahami informasi dengan baik
lagi.
v
Setelah
menjelaskan informasi dari bacaan dan cerita dengan baik dan benar siswa mampu
meningkatkan kemampuan menceitakan kembali materi yang telah dipelajari.
v
Setelah menjelaskan informasi dari bacaan dan cerita
dengan baik dan benar siswa dapat menyampaikan pesan yang diperoleh didepan
temanya..
v
Setelah
menggambarkan hewan dengan suasana
alami habitat hewan, siswa mampu mengembangkan imajinasinya secara realistis.
E.
MATERI
PKN
v
sikap
dan perilaku baik peserta didik dalam berinteraksi dengan teman.
Bahasa Indonesia
v
Menulis
informasi yang diperoleh dengan memperhatikan ketepatan informasi.
seni,
budaya dan prakarya
v
Membuat gambar hewan dan habitatnya.
F.
PENDEKATAN, MODEL & METODE
Pendekatan :
Ilmiah (Scientific approachh)
Model Pembelajaran :
Tematik terpadu (Integrated Thematic Instruction)
Metode : Ceramah, pengamatan, tanya jawab.
G. MEDIA/ALAT/SUMBER BELAJAR
1. Media :
-
Teks
cerita fabel
2. Alat dan
Bahan :
-
Buku
gambar
-
Pulas
-
Pensil
3.
Sumber
Belajar
-
Lingkungan
rumah
-
Lingkungan
sekolah
-
Diri
anak
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Menanyakan pembelajaran yang dilakukan minggu yang
lalu.
4. Mengonfirmasi
tema atau sub tema yang akan diajarkan yaitu tentang indahnya pesahabatan.
5. Mengkonfirmasi tujuan pembelajaran.
|
7 menit
|
Inti
|
Mengamati:
1. Guru bercerita tentang teks fabel yang berjudu “monyet
dan burung kutilang” dan siswa menyimak dengan seksama.
2. Guru menampilkan teks fabel pada siswa untuk melanjutkan
membaca cerita yang telah disampaikan guru.
3. Siswa bertanya tentang kegiatan yang dilakukan
dengan teks fabel.
4. Siswa
membaca teks fabel untuk
mencari informasi.
5. Guru meminta siswa untuk menuliskan sikap apa saja
yang muncul pada teks fabel yang telah dibacanya.
6. Guru meminta pada salah satu siswa unttuk mempresentasikan
dengan bahasanya sendiri.
7. Guru meminta siswa untuk menggambarkan suasana dan hewan
yang terdapat pada fabel.
8. Guru
membimbing siswa untuk membuat gambar
yang baik.
|
20
menit
|
Penutup
|
1. Siswa
dibimbing untuk menarik simpulan tentang pembelajaran hari ini.
2. Guru meminta siswa mengumpulkan tugas yang
diberikan.
3. Guru mengkonfirmasi materi yang akan dipelajari
selanjutnya.
4. Guru memberikan nasihat dan arahan pada siswa agar
lebih semangat dalam menuntut ilmu.
5. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran).
|
8 menit
|
A. PENILAIAN
Teknik Penilaian :
a.
Penilaian
Sikap: Rubrik Penilaian Sikap.
b.
Penilaian
Pengetahuan: Tes tertulis
1) Menuliskan sikap baik apa saja yang terdapat dalam
fabel.
2) Menuliskan
inti cerita dari fabel.
c.
Penilaian
Keterampilan: Penilaian Unjuk Kerja
1) Membuat gambar tentang hewan beserta habitatnya.
Bentuk Instrumen
Penilaian :
a. Penilaian
Sikap: Rubrik Penilaian Sikap
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Subtema :
No.
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudayakan
|
Ket.
|
1.
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
2.
|
Rapi
|
|
|
|
|
|
3.
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
5.
|
Keberanian
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Pengetahuan
Muatan Bahasa Indonesia dan PKn
“monyet dan burung kutilang”
Alkisah seekor monyet
dan sekelompok burung Kutilang bersama-sama mecari makan di hutan. mereka
menemukan pohon pisang yang tumbang di pinggir Sungai. Mereka berebut untuk
menanamnya.Tapi mereka bingung bagaimana cara membaginya. Ditengah kebingungan
munculah seekor katak memberikan solusinya.
Katak :"kenapa tidak dibagi dua saja
pohon pisangnya..?".
Burung :"aku setuju..bagaimana denganmu
Nyet..?"
Monyet :"baiklah..tapi karena tubuhku lebih
besar aku memilih bagian yang berdaun..pasti lebih cepat berbuah.."
Merekapun sepakat, si
Monyet membawa batang pohon pisang yg berdaun ke dlm hutan dan menanamnya.
Namun setelah menunggu berbulan-bulan pohon pisang itu bukanya berbuah tetapi
malah semakin layu dan mati. Monyet kesal ia merasa tertipu..iapun mendatangi
si burung Kutilang.
Monyet :"hai kutilang..kau telah
menipuku..pohon pisangku mati..sementara kulihat pohonmu berbuah matang.."
Kutilang :"bukankah kau yang memilih..lihatlah
pohonku sudah beranak 1,ambilah dan tanamlah.."
Monyet :"Aku mau yang banyak..."
Tiba-tiba munculah si
Katak
Katak :"hai monyet..kalau mau yg
banyak, kau tanamlah bijinya.."
Monyet :"he katak..kubanting kau ke
Batu...aku tk mau lg dngr saranmu..!!"
Katak :"silahkan kau banting aku ke
apa saja..asal jangan kau masukan aku kedalam air..!!"
Monyet :"hahaha..kalau gitu kubuang
saja kau ke sungai..biar mati tenggelam.."
Monyet pun melempar
katak ke Sungai..dan si Katak tersenyum krn tlah berhasil menipu si Monyet.
Di atas pohon pisang
Kutilang pun tertawa.
Kutilang :"Hai Monyet..jika kau mau pohon
pisang yg banyak,ambilah biji-bijinya didasar Sungai..aku membuangnya
kesitu.."
Monyet :"benarkah.?"
Si Monyetpun melompat
ke Sungai..Karena keserakahanya ia lupa bahwa ia tak bisa berenang. Monyetpun
tenggelam.
Melihat monyet
tenggelam kutilang merasa kasihan dan segera mencarikan kayu untuk berpegangan.
Setelah behasil keluar
dari sungai, monyet merasa bersa;ah dan segera meminta maaf pada kutilang dan
berjanji tidak akan berbuat curang lagi.
Dari teks di atas siswa
dibeikan dua soal yaitu:
1.Tuliskan sikap baik
apa saja yang terdapat dalam fabel yang bisa kita jadikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari.
2. tuliskan apa inti cerita
dari fabel yang telah kita bahas
hari ini.
Muatan Bahasa Indonesia dan PKn dinilai dengan angka:
Skor Lembar Evaluasi:
Muatan Bahasa Indonesia dan pkn
soal sebanyak 2
buah,tiap soal bernilai 50. Apabila siswa mampu menjawab dengan lengakap dan
jelas maka total skor 50 x 2 = 100
No
|
Nama peserta didik
|
Nilai
bahasa
|
Nilai
pkn
|
1
|
akbar
|
|
|
2
|
agung
|
|
|
3
|
angggi
|
|
|
4
|
ari
|
|
|
5
|
budi
|
|
|
6
|
gandes
|
|
|
7
|
heru
|
|
|
8
|
mindi
|
|
|
9
|
afghan
|
|
|
10
|
ria
|
|
|
c. Penilaian
Keterampilan: Penilaian Unjuk Kerja
Membuat gambar tentang hewan beserta habitatnya.
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan
(1)
|
1
|
Komponen kejelasan gambar
|
Memenuhi 3 komponen (terlihat, berbentuk dan kesesuaian)
|
Memenuhi 2 dari 3 komponen
|
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
2
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
3
|
Kerapihan
gambar
|
Gambar
hewan, lingkungan, pewanaan sudah aih
|
Dua
dari tiga komponen sudah rapih
|
Satu
dari tiga komponen sudah rapih
|
takSatupun
dari tiga komponen sudah rapih
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru Kelas 2
………………………… ………………………….
NIP.
…………………… NIP. ……………………
Judul: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) kelas 3 semesteer II Tema indahnya persahabatan
Rating:
Ditulis Oleh
Rating:
Ditulis Oleh
0 komentar:
Post a Comment