RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : I/1
Tema/Subtema :Kegiatanku/Kegiatan Siang hari
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran :1
A. Kompetensi
Inti ( KI)
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi
Dasar (tulis semua kompetensi dasar pemetaan 3 dan 4)
C. Indikator
Pencapaian
Bahasa
Indonesia
3.1 Mengenal
teks deskriptif tentang
Anggota
tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
PPKN
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
D. TujuanPembelajaran
1.
Siswa
dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks secara benar dan percaya diri melalui
kegiatan tanya jawab.
2.
Siswa dapat
melakukan unjuk kerja
secara benar melalui permainan.
3.
Siswa
dapat memberi contoh perilaku tertib di rumah secara benar melalui diskusi dan
tanya jawab.
4.
Siswa
dapat membedakan perilaku tertib dan tidak tertib secara benar melalui
mengamati gambar.
E. Materi
Pembelajaran
Kegiatan siang hari.
Membaca nyaring
Deskripsi tentang gambar
Tata tertib
F. Pendekatan,
stategi dan metode pembelajaran
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative learning
Metode : ceramah,tanya
jawab, dan diskusi
G. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
1.
Media :
Gambar yang menunjukkan kegiatan siang hari, gambar yang menunjukkan sikap tertib,
gambar yang menunjukkan sikap tidak tertib
2. Alat/bahan :LCD,proyektor, spidol, kertas, kertas
3. Sumber
Belajar: Buku siswa
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Pendahuluan
|
· Guru
membuka pelajaran dengan berdoa.
· Guru
menyapa siswa dan menanyakan kondisi siswa (menanyakan apa kabar, ada yang
sakit atau tidak, sekarang hari apa tanggal berapa dsb)
· Guru
melakukan presensi.
· Guru
memberi motivasi dengan menyanyikan lagu “ Bangun Tidur”
· Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat yang akan dicapai dan dipelajari.
· Guru
menyampaikan tema/sub tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari
ini.
|
15
menit( 10%
menit x durasi waktu)
|
|
Kegiatan Inti
|
· Siswa
menyanyikan “Selamat Pagi”
(Oh ibu dan ayah
selamat pagi..........)
· Siswa
mengamati gambar suasana siang hari. (mengamati)
(Pemberian rangsangan)
· Siswa
bertanya jawab suasana siang hari(pada saat sinar matahari sudah terasa panas
dan terik).(menanya)
· Siswa
secara bersama-sama membacakan teks deskriptif sederhana dan ditirukan siswa
dengan nyaring (lihat buku siswa halaman 31) (mengumpulkan informasi)
· Siswa
mengikuti bacaan yang ditunjukkan oleh guru.
· siswa
mencari kata-kata yang di bacaan.
· Siswa
berdiskusi tentang isi teks dengan bantuan
guru. (mengasosiasi)(identifikasi masalah)
· Siswa
menanyakan tentang kesulitan yang muncul ketika diskusi.( identifikasi masalah)
· Siswa
mengamati gambar yang berkaitan dengan tata tertib.( Pemberian rangsangan))
· Siswa
mengomentari maksud gambar. (mengkomunikasikan)
· Siswa
melakukan permainan yang mencerminkan tata tertib.
· Kedua
siswa tersebut akan berlomba mengumpulkan
gambar-gambar yang
menunjukkan ketertiban.(pengumpulan data)
· Setelah
selesai mengumpulkan gambar-gambar
tersebut, kedua siswa
menyerahkan kepada guru.(pengolahan data)
· Pemenangnya
adalah siswa yang paling banyak
mengumpulkan gambar
yang sesuai.
· Selanjutnya,
siswa mengerjakan latihan memilih
gambar yang
menunjukkan ketertiban di buku siswa.(pembuktian)
|
135
menit(75%
x durasi waktu)
|
|
Penutup
|
·
Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran
yang telah dilakukan.
· Siswa bersama
guru menyimpulkan materi pembelajaran. (kesimpulan)
·
Siswa mengumpulkan hasil kerja.
·
Guru memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut.
·
Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa
dilanjutkan menutup pelajaran.
|
25 menit (15%xdurasi waktu)
|
I. Penilaian
a. Teknik
penilaian :
Penilaian sikap:
percaya diri, disiplin, dan kerja sama
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Bentuk Penilaian:
Lembar Pengamatan Membedakan Contoh
Perilaku Tertib dan Tidak Tertib
Nama
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Kerja sama
|
||||||||
Tidak
berani tampil
|
Berani
tampil
|
Berani
berbicara
|
Berani
tampil, berbicara dan benar
|
Tidak
tepat waktu dan tugas
|
Tepat
waktu
|
Tepat
tugas
|
Tepat waktu
dan tugas
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Teknik
Penilain:
Bentuk Penilaian:
Penilaian ketrampilan :
unjuk kerja kerja sama
No
|
Nama
|
Kriteria
|
||||||||
Ketepatan
|
Kecepatan
|
Kekompakan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Vivi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Lia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 1 = cukup, 2 = biasa, 3 = luar biasa
c. Teknik
Penilaian Pengetahuan
Tes lisan
Bentuk Penilaian:
Pengetahuan : mengetahui kegiatan siang
hari dan memahami tata tertib mengamati gambar siswa mendeskripsikan.
|
|
Kepala
Sekolah Guru
kelas
............................ ........................
PENERAPANPENDEKATAN SAINTIFIK
DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKREPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
………………………….
|
|
INTI
|
1. Mengamati
……………………
……………………
2. Menanya
…………………….
……………………
3. Mengumpulkan informasi
4. Mengasosiasi
5. Mengkomunikasi
|
|
PENUTUP
|
………………
|
|
PENERAPAN
STRATEGI DISCOVERY LEARNING
DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
………………………..
|
|
Inti
|
1. Stimulation (Pemberian rangsangan)
2. Identifikasi masalah
3. Pengumpulan data
4. Pengolahan data
5. Pembuktian
6. Kesimpulan
|
|
Penutup
|
………………
|
|
Judul: CONTOH RPP K13 KELAS 1 TEMA KEGIATANKU
Rating:
Ditulis Oleh
Rating:
Ditulis Oleh
0 komentar:
Post a Comment