CONTOH RPP K13 KELAS 1 TEMA KEGIATANKU


RENCANA   PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar                                                                    
Kelas/Semester            : I/1
Tema/Subtema               :Kegiatanku/Kegiatan Siang hari
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran               :1
A.  Kompetensi Inti ( KI)
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar (tulis semua kompetensi dasar pemetaan 3 dan 4)

C.       Indikator Pencapaian
Bahasa Indonesia
3.1  Mengenal teks  deskriptif tentang
Anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

PPKN
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

D.  TujuanPembelajaran
1.      Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks secara benar dan percaya diri melalui kegiatan tanya jawab.
2.      Siswa dapat melakukan unjuk kerja secara benar melalui permainan.
3.      Siswa dapat memberi contoh perilaku tertib di rumah secara benar melalui diskusi dan tanya jawab.
4.      Siswa dapat membedakan perilaku tertib dan tidak tertib secara benar melalui mengamati gambar.
E.   Materi Pembelajaran
Kegiatan siang hari.
Membaca nyaring
Deskripsi tentang gambar
Tata tertib
F.   Pendekatan, stategi dan metode pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi       : Cooperative learning
Metode       : ceramah,tanya jawab, dan diskusi
G.  Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1.        Media              : Gambar yang menunjukkan kegiatan siang hari, gambar yang menunjukkan sikap tertib, gambar yang menunjukkan sikap tidak tertib
2.      Alat/bahan        :LCD,proyektor, spidol, kertas, kertas
3.      Sumber Belajar: Buku siswa

H.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
·      Guru membuka pelajaran dengan berdoa.
·      Guru menyapa siswa dan menanyakan kondisi siswa (menanyakan apa kabar, ada yang sakit atau tidak, sekarang hari apa tanggal berapa dsb)
·      Guru melakukan presensi.
·      Guru memberi motivasi dengan menyanyikan lagu “ Bangun Tidur”
·      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat yang akan dicapai dan dipelajari.
·      Guru menyampaikan tema/sub tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari ini.
15 menit( 10% menit x durasi waktu)
Kegiatan Inti
·      Siswa menyanyikan “Selamat Pagi”
(Oh ibu dan ayah selamat pagi..........)
·      Siswa mengamati gambar suasana siang hari. (mengamati)
(Pemberian rangsangan)
 











·      Siswa bertanya jawab suasana siang hari(pada saat sinar matahari sudah terasa panas dan terik).(menanya)
·      Siswa secara bersama-sama membacakan teks deskriptif sederhana dan ditirukan siswa dengan nyaring (lihat buku siswa halaman 31) (mengumpulkan informasi)

Hari sudah siang.
Anak anak sudah mulai lelah.
Bu Dewi membacakan buku cerita.
Buku cerita tentang Kancil dan Buaya.
Lani dan teman teman mendengarkan dengan tertib.
 












·      Siswa mengikuti bacaan yang ditunjukkan oleh guru.
·      siswa mencari kata-kata yang di bacaan.  
·      Siswa berdiskusi tentang isi teks dengan bantuan
guru. (mengasosiasi)(identifikasi masalah)
·       Siswa menanyakan tentang kesulitan yang muncul ketika diskusi.( identifikasi masalah)
·       Siswa mengamati gambar yang berkaitan dengan tata tertib.( Pemberian rangsangan))

·      Siswa mengomentari maksud gambar. (mengkomunikasikan)
·       Siswa melakukan permainan yang mencerminkan tata tertib.
·      Kedua siswa tersebut akan berlomba  mengumpulkan
gambar-gambar yang menunjukkan ketertiban.(pengumpulan data)
·      Setelah selesai mengumpulkan gambar-gambar
tersebut, kedua siswa menyerahkan kepada guru.(pengolahan data)
·       Pemenangnya adalah siswa yang paling banyak
mengumpulkan gambar yang sesuai. 
·      Selanjutnya, siswa mengerjakan latihan memilih
gambar yang menunjukkan ketertiban di buku siswa.(pembuktian)

135 menit(75% x  durasi waktu)
Penutup
·      Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·      Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran. (kesimpulan)
·      Siswa mengumpulkan hasil kerja.
·      Guru memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut.
·      Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup pelajaran.
25 menit (15%xdurasi waktu)


I.     Penilaian
a.       Teknik penilaian :
Penilaian sikap: percaya diri, disiplin, dan kerja sama
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Bentuk Penilaian:
Lembar Pengamatan Membedakan Contoh Perilaku Tertib dan Tidak Tertib
Nama
Percaya diri
Disiplin
Kerja sama
Tidak berani tampil
Berani tampil
Berani berbicara
Berani tampil, berbicara dan benar
Tidak tepat waktu dan tugas
Tepat waktu
Tepat tugas
Tepat waktu dan tugas



1
2
3
4
1
2
3
4
















b.      Teknik Penilain:
Bentuk Penilaian:
Penilaian ketrampilan : unjuk kerja kerja sama
No

Nama
Kriteria
Ketepatan
Kecepatan
Kekompakan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
Vivi









2
Lia









Keterangan : 1 = cukup, 2 = biasa, 3 = luar biasa

c.       Teknik Penilaian Pengetahuan
Tes lisan
Bentuk Penilaian:
Pengetahuan : mengetahui kegiatan siang hari dan memahami tata tertib mengamati gambar siswa mendeskripsikan.


Deskripsikan gambar di bawah ini!








 












Kepala Sekolah                                                                                    Guru kelas

............................                                                                                 ........................











PENERAPANPENDEKATAN SAINTIFIK
DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DISKREPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
PENDAHULUAN
………………………….

INTI
1.      Mengamati
……………………
……………………

2.      Menanya
…………………….
……………………


3.      Mengumpulkan informasi



4.      Mengasosiasi



5.      Mengkomunikasi





PENUTUP
………………



PENERAPAN  STRATEGI  DISCOVERY  LEARNING
DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
………………………..

Inti
1.      Stimulation (Pemberian rangsangan)


2.      Identifikasi masalah


3.      Pengumpulan data


4.      Pengolahan data


5.      Pembuktian


6.      Kesimpulan



Penutup
………………


thumbnail
Judul: CONTOH RPP K13 KELAS 1 TEMA KEGIATANKU
Rating:
Ditulis Oleh

Artikel Terkait KURIKULUM 2013 :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz