KOMPONEN DAN PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN RPP


RPP
A.    Pengertian
            Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP  disusun  berdasarkan KD  atau  subtema yang  dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

B.     Komponen RPP
            Komponen RPP terdiri atas:
1.      Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
2.      Identitas matapelajaran atau tema/subtema;
3.      Kelas/semester;
4.      Materi pokok;
5.       Alokasi  waktu  ditentukan  sesuai  dengan  keperluan  untuk         pencapaian  KD  dan  beban  belajar  dengan  mempertimbangkan jumlah  jam  pelajaran  yang  tersedia  dalam  silabus  dan  KD     yang harus dicapai;
6.       Kompetensi Inti (KI), merupakan gambaran secara kategorial         mengenai kompetensi dalama spek sikap,  pengetahuan,      danketerampilan  yang  harus dipelajari peserta didik untuk suatu   jenjang sekolah, kelas dan matapelajaran;
7.        Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
·         Kompetensi Dasar, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang  terkait  muatan  atau mata pelajaran;
·         Indikator pencapaian merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
·         Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Dalam merumuskan indikator perlu memperhatikan beberapa hal:
-      Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam KI-KD.
-      Indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkrit ke abstrak (bukan sebaliknya).
-      Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik.
-      Indikator harus dapat menggunakan kata kerja operasional yang sesuai.
8.      Tujuan  pembelajaran  yang  dirumuskan  berdasarkan  KD,            dengan menggunakan  kata  kerja  operasional  yang  dapat           diamati  dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan     keterampilan;
9.      Materi  pembelajaran adalah rincian dari materi pokok yang            memuat  fakta,  konsep,  prinsip,  dan  prosedur yang  relevan,  dan    ditulis  dalam  bentuk  butir-butir  sesuai  dengan rumusan indikator      ketercapaian kompetensi;
10.   Metode pembelajaran merupakan rincian dari kegiatan        pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan             suasana  belajar  dan  proses  pembelajaran  agar  peserta  didik   mencapai  KD  yang  disesuaikan  dengan  karakteristik  peserta      didik dan KD yang akan dicapai;
11.              Media, alat, dan Sumber Pembelajaran
a.       media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
b.      alat pembelajaran adalah alat bantu pembelajaran;  yaitu alat bantu pembelajaran yang memudahkan memberikan pengertian kepada peserta didik.
c.       sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
12.               Langkah –langkah Kegiatan Pembelajaran, mencakup:
a.          pertemuan pertama, berisi pendaluan; kegiatan Inti, penutup.
b.         pertemuan kedua, berisi pendaluan, kegiatan inti, dan penutup.
13.              Penilaian
a.          Berisi jenis/teknik penilaian; B.Bentuk instrumen C.Pedoman perskoran.

A.    PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN RPP
            Berbagai prinsip dalam mengembangkan atau menyusun RPP adalah sebagai berikut.
1.                  RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
2.                  RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
3.                  Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
4.                  Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
5.                  Mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung.
6.                  mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
7.                  Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
8.                  RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
9.                  Keterkaitan dan keterpaduan.
10.              RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
11.              Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
12.              mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
B.     PROSES PENGEMBANGAN RPP
            Dalam pengembangan RPP perlu memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:
1.Mengkaji Silabus
            . Kegiatan peserta didik ini merupakan rincian dari eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, yakni: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah dan mengkomunikasikan. Kegiatan inilah yang harus dirinci lebih lanjut di dalam RPP, dalam bentuk langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran, yang membuat peserta didik aktif belajar. Lakukan pula pengkajian  pada sumber belajar yang akan mendukung kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada tema yang telah ditentukan. Kaji pula penilaian yang akan dipilih sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang dilakukan pada tema tersebut.
2. Mengidentifikasi Materi Pembelajaran
            Materi pembelajaran  merupakan rincian dari materi pokok. Mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian KD dengan mempertimbangkan: potensi peserta didik;relevansi dengan karakteristik daerah, tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik; kebermanfaatan bagi peserta didik; struktur keilmuan; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran; relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan alokasi waktu.
3. Menentukan Tujuan
            Untuk mengarahkan proses pembelajaran yang akan dilakukan pada tema/sub tema yang akan dilakukan perlu ditentukan tujuan yang akan dicapai. Tujuan dapat diorganisasikan mencakup seluruh KD atau diorganisasikan untuk setiap pertemuan. Tujuan mengacu pada indikator, paling tidak mengandung dua aspek: Audience (peserta didik) dan Behavior (aspek kemampuan).
4. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
1)         Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
2)         Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan manajerial yang dilakukan guru, agar peserta didik dapat melakukan kegiatan seperti di silabus.
3)   Kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan merupakan skenario langkah-langkah guru dalam membuat peserta didik aktif belajar. Kegiatan ini diorganisasikan menjadi kegiatan: Pendahuluan, Inti, dan Penutup.


BUKU GURU DAN SISWA
A.    Kedudukan dan Fungsi Buku Teks Pelajaran
1.                  Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran
2.                  Penghubung antar Guru, Sekolah dan Orang Tua
3.                  Lembar Kerja Siswa
4.                  Skenario Langkah-langkah Pembelajaran
5.                  Portofolio Siswa yang dapat Dimanfaatkan dalam Penilaian
6.                  Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
7.                  Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa.

B.  Kedudukan dan Fungsi Buku Panduan Guru
1.                  Sebagai petunjuk penggunaan Buku Teks Pelajaran.
Urutan acuan materi ,Jaringan tema ,kompetensi dasar dan indikator , Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan
2.                  Sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas
            Buku panduan guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
Menjelaskan tujuan pembelajaran, Menjelaskan media pembelajaran, Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran, Menjelaskan tentang teknik dan instrument, Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai 
3.                  Penjelasan tentang Metode dan Pendekatan Pembelajaran    yang digunakan dalam proses Pembelajaran
            Buku Panduan Guru memuat Informasi tentang model dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran.

PENILAIAN OTENTIK

A.       Pengertian Penilaian Otentik
            Penilaian otentik merupakan suatu bentuk penilaian yang para peserta didiknya diminta untuk menampilkan tugas atau situasi yang sesungguhnya yang mendemonstrasikan penerapan keterampilan dan pengetahuan esensial yang bermakna (Mueller, 2006). Penilaian otentik harus mencerminkan masalah dunia nyata, bukan dunia sekolah dengan menggunakan berbagai cara dan kriteria holistik (kompetensi utuh yang merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap). Penilaian otentik mengukur apa yang diketahui dan yang dapat dilakukan oleh peserta didik.


B.        Tujuan Penilaian Otentik
            Tujuan penilaian otentik diarahkan pada empat (4) tujuan berikut :
1.                  menelusuri apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan Rencana Pelaksananaan Pembelajaran (RPP).
2.                  mengecek apakah ada kelemahan-kelemahan yang dialami peserta didik dalam proses pembelajaran..
3.                  mencari dan menemukan penyebab terjadinya kelemahan dan kesalahan dalam proses pembelajaran.
4.                  menyimpulkan apakah peserta didik sudah atau belum menguasai seluruh kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum.
C.           Fungsi Penilaian Otentik
Penilaian otentik memiliki fungsi motivasi, belajar tuntas, efektivitas pengajaran, dan umpan balik.
1.   Fungsi Motivasi
     Penilaian harus memotivasi peserta didik untuk belajar. Latihan, tugas, dan ulangan yang diberikan pendidik harus memberi peluang peserta didik untuk melakukan proses belajar secara individu atau kelompok.
2.    Fungsi Belajar Tuntas
     Penilaian otentik harus diarahkan untuk memantau ketuntasan belajar peserta didik. Pertanyaan yang harus selalu diajukan oleh pendidik adalah apakah peserta didik sudah menguasai kompetensi yang diharapkan, siapa dari peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu, dan tindakan apa yang harus dilakukan agar peserta didik akhirnya menguasai  kompetensi tersebut.
3.   Fungsi sebagai Indikator Efektivitas Pembelajaran
     Penilaian otentik dapat digunakan untuk melihat seberapa jauh proses pembelajaran telah berhasil. Apabila sebagian besar atau semua peserta didik telah menguasai sebagian besar atau semua kompetensi yang diajarkan, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran telah berhasil sesuai dengan rencana
4. Fungsi Umpan balik
     Hasil penilaian harus dianalisis sebagai bahan umpan balik bagi pendidik dan peserta didik. Umpan balik hasil penilaian sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk mengetahui kelemahannya dalam mencapai kemampuan yang diharapkan. Analisis hasil penilaian juga berguna bagi pendidik untuk melihat hal-hal yang perlu diperhatikan secara serius dalam proses pembelajaran.
A.                Prinsip-prinsip Penilaian Otentik
      Agar penilaian otentik memenuhi tujuan dan fungsinya, perlu diperhatikan hal-hal berikut:
1.         Mengacu ke kompetensi
        Penilaian otentik perlu disusun dan dirancang untuk mengukur apakah peserta didik telah menguasai kompetensi sesuai dengan target yang ditetapkan dalam kurikulum..
2.         Berkelanjutan
        Penilaian yang dilakukan oleh pendidik harus berkelanjutan dalam rangkaian rencana mengajar pendidik selama satu semester dan tahun ajaran..
3.         Didaktis
        Alat yang digunakan dalam penilaian otentik berupa tes dan nontes. Alat tersebut harus dirancang isi, format, tata letak (layout), dan tampilannya agar peserta didik menyenangi dan menikmati kegiatan penilaian..
4.         Menggali Informasi
        Penilaian otentik yang baik harus dapat memberikan informasi yang cukup bagi pendidik untuk mengambil keputusan dan umpan balik..
5.          Melihat jawaban yang benar dan yang salah
        Dalam melaksanakan penilaian, pendidik perlu melakukan analisis terhadap hasil penilaian dan kerja peserta didik untuk melihat adanya kesalahan yang secara umum terjadi pada peserta didik dan sekaligus melihat hal-hal positif yang diberikan peserta didik..

B.     Pendekatan Penilaian Otentik
        Penilaian menggunakan pendekatan sebagai berikut:
1.      Acuan Patokan
        Semua kompetensi perlu dinilai dengan menggunakan acuan patokan berdasarkan pada indikator hasil belajar. esuai dengan kondisi dan kebutuhannya.
2.         Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar ditentukan sebagai berikut:
Keterangan : SB = Sangat Baik; B = Baik; C= Cukup; K= Kurang

C.    Teknik Penilaian Otentik
        Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
1.       Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
2.      Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.
3.       Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.
4.        Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar- salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran.
5.       Instrumen tes lisan berupa daftar pertanyaan.
6.      Penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.
7.       Tes praktik/prilaku adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi.
8.      Projek adalah tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu.
9.      Portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Karya tersebut dapat berbentuk tindakan nyata yang mencerminkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungannya..

D.    Langkah-langkah Penilaian Otentik
        Dalam penilaian otentik, terdapat beberapa langkah:
1.      Mengidentifikasi kompetensi yang akan diukur
        kompetensi yang akan diukur merupakan pernyataan yang harus diketahui dan dapat dilakukan peserta didik. Agar operasional, rumusan indikator harus dapat diobservasi dan diukur. Misalnya; peserta didik mampu melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat energi cahaya matahari bagi kehidupan manusia. Jadi indikator yang akan diukur harus ditulis dengan jelas, tegas dan operasional.
2.      Memilih tugas otentik
        Memilih teknik penilaian otentik yang sesuai untuk mengukur kompetensi yang akan dicapai peserta didik.
3.      Mengidentifikasi kriteria untuk tugas
        Kriteria merupakan indikator-indikator dari kinerja yang baik pada suatu tugas. Jika terdapat sejumlah indikator, perlu diperhatikan apakah indikator-indikator tersebut perlu diurutkan (sekuensial).
4.      Membuat standar kriteria atau rubrik
        Menentukan tingkatan atau level dari setiap kriteria. Contoh ;
        Skor 4 : apabila semua indikator kriteria dipenuhi peserta didik
        Skor 3 : apabila sebagian besar indikator kriteria dipenuhi peserta didik
        Skor 2 : apabila setengah indikator kriteria dipenuhi peserta didik
        Skor 1 : apabila sebagian kecil indikator kriteria dipenuhi peserta didik
        Skor 0 ; apabila semua indikator kriteria tidak dipenuhi peserta didik

thumbnail
Judul: KOMPONEN DAN PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN RPP
Rating:
Ditulis Oleh

Artikel Terkait KURIKULUM 2013 :

4 komentar:

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz