RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKN ( GLOBALISASI ) Kelas / Semester : IV / II


RENCANA   PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar Cahaya Terang                                           
Kelas/Semester            : IV / II
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (1x25  menit)
Pembelajaran               : 1

I.              Standar Kompetensi:
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya
II.           Kompetensi Dasar:
4.1.  Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.

III.        Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1 Menjelaskan definisi globalisasi.
4.1.2. Menunjukkan contoh pengaruh globalisasi di lingkungan rumah dan sekolah.
4.1.3. Mengemukakan dampak globalisasi di lingkungan sekitar.
IV.        Tujuan Pembelajaran
·         Setelah meenjelaskan tentang definisi globalisasi siswa mampu memahami definisi globalisasi beserta hal yang berkaitan dengan globalisasi .
·         Setelah menunjukkan contoh pengaruh globalisasi di lingkungan rumah dan sekolah siswa mampu mengetahui pekembangan globalisasi di lingkungan sekitarnya.
·         Setelah mengemukakan dampak globalisasi di lingkungan sekitarnya siswa mampu menunjukkan sikap yang baik dalam menghadapi pengaruh globalisasi.
V.           Materi Pembelajaran
·         Definisi globalisasi.
·         contoh pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar.
·         Dampak globalisasi di lingkungan sekitar.
VI.        Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                    : Ilmiah (Scientific approach)
Metode                          : Ceramah, pengamatan, tanya jawab.

VII.     Kegiatan Pembelajaran
A.    Pendahuluan (5 menit)
·         Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
·         Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
·         Menanyakan pembelajaran yang dilakukan minggu yang lalu.
·         Mengkonfirmasi materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
·         Guru mengajak siswa bernyanyi lagu “kereta api”

B.     Inti (20 menit)
·         Guru menjelaskan materi globalisasi berdasarkan lagu yang telah dinyanyikan.
·         Guru memberikan bacaan di depan kelas untuk dibaca bersama sama.
·         Guru menunjukkan foto-foto tentang pengaruh globalisasi.
·         Guru mengajak siswa untuk mengingat-ingat kembali contoh konktret dari dampak globalisasi yang dijumpai di jalan, rumah dan sekolah.
·         Siswa menuliskan contoh konktret dari dampak globalisasi yang didapat di sekitar kelas.
·         Siswa memperhatikan dan bertanya tentang materi yang tidak dipahami.
·         Guru menunjukkan foto-foto dampak buruk globalisasi bagi lingkungan, kebudayaan dan norma-noma.
·          Siswa besama teman sebangku mencocokkan gambar tentang pengaruh globalisasi dengan dampak yang ditimbulkan (dampak baik / buruk)
·         Guru memberikan pengetian untuk bersiakap bijak dalam menyikapi dampak globalisasi.
C. Penutup (5menit)
·         Guru meminta siswa mengumpulkan tugas yang telah diberikan.
·         Siswa dibimbing untuk menarik simpulan tentang pembelajaran hari ini.
·         Guru memberikan nasihat dan arahan pada siswa agar lebih semangat dalam menuntut ilmu.
·         Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
VIII.  Media, Alat dan Sumber Bahan
1.            Media :
-          hand out
-          foto
2.      Alat dan Bahan :
-          Buku
-          pulpen
3.      Sumber Belajar
-          Lingkungan rumah
-          Lingkungan sekolah
-          Diri anak

IX.        Penilaian
Instrumen Penilaian
A.    Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
Percaya Diri
Tanggung jawab
Dapat Dipercaya
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

















































































































Keterangan:
1 = Belum terlihat
2 = Mulai terlihat
3 = Mulai berkembang
4 = Membudayakan

B.     Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis
1. siswa diminta menuliskan 5 contoh konktret dari dampak globalisasi yang didapat di sekitar siswa.
2. siswa mecocokan gambar dampak baik dan dampak buruk globalisasi.
·         Soal no 1. 1 jawaban bernilai 20 poin. Total poin 5 x 20= 100 poin
·         Soal no 2. Ada 10 gambar, 1 jawaban benar bernilai 10 poin. Total poin 10 x 10 = 100 poin
C.     Penilaian Keterampilan:
Praktik memcocokkan gambar tentang pengaruh globalisasi dengan dampak yang ditimbulkan (dampak baik / buruk)
No.
Nama Siswa
Ketepatan dalam mencocokan
Efektifitas waktu yang digunakan
Kerja Sama
BS
B
C
BS
B
C
BS
B
C













































Keterangan:
BS       = Baik Sekali
B         = Baik
C         = Cukup


thumbnail
Judul: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKN ( GLOBALISASI ) Kelas / Semester : IV / II
Rating:
Ditulis Oleh

Artikel Terkait KURIKULUM 2013 :

1 komentar:

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz