RPP BAHASA INDONESIA KELAS V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

PPL-1
Dosen Pengampu :
Fitri Indriani, M.Pd.I
     Dra. Rini Ningsih, M.Pd

Disusun Oleh:
Rela Tusriyanto Aji
12005281

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        : V / 2
Alokasi Waktu           : 1 x 35 menit

I.              Standar Kompetensi
5.  Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan

II.           Kompetensi Dasar
5.2  Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)  

III.        Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Menyebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat).
§  Menjelaskan definisi unsur-unsur yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat).
§  Menentukan unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) dari video drama yang disimak.

IV.        Tujuan Pembelajaran
§  Dengan Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
§  Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan definisi unsur-unsur yang terdapat dalam cerita
§  Dengan berdisuksi, siswa dapat menentukan unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) dari video drama yang disimak.
Nilai Karakter yang dikembangkan:
disipin ( discipline), Rasa hormat dan perhatian ( respect), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) dan Ketelitian ( carefuleness ).



V.           Materi Pembelajaran
§  unsur-unsur yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat).

VI.        Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan   :Contextual Teaching and Learning (CTL)
§  Metode         : Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan

VII.     Kegiatan Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
1.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran).
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Menanyakan pembelajaran yang dilakukan minggu lalu.
4.      Mengkonfirmasi materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
5.      Guru mengajak siswa untuk menonton video.

B.  Kegiatan Inti
1.       Guru bertanya tentang isi dari video yang telah ditontonya.
2.       Siswa menjawab dan menjelaskan video yang telah ditonton.
3.       Guru menjelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam cerita (tokoh, tema, latar, amanat) dan meminta siswa membuka buku bahasa indonesia.
4.       Siswa mendengarkan dan bertanya apa bila belum jelas dengan penjelasan guru.
5.       Guru bertanya pada siswa tentang tokoh, tema, latar, amanat yang telah dijelaskan.
6.       Siswa menjawab dan saling membantu apabila ada temanya yang belum mampu menjawab dengan baik.
7.       Guru membagi siswa menjadi dua kelompok.
8.       Guru mengajak siswa untuk menonoton video cerita pendek.
9.       Guru menjelaskan tugas yang harus dilakukan setelah menonton video.
10.   Siswa bersama kelompoknya menentukan tokoh, tema, latar, amanat yang terdapat pada video yan telah ditontonya.
11.   Meminta salah satu perwakilan kelompok untuk menjelaskan hasil diskusinya.
12.   Guru membagikan soal pada siswa.
13.   Siswa mengerjakan soal yang dibagikan guru.
14.   Siswa mengumpulkan hasil jawabannya.

C.  Kegiatan Penutup
1.       Siswa melakukan refleksi tentang materi yang tadi sudah dipelajari.
2.       Guru bertanya apakah pembelajaran hari ini menyenangkan atau tidak.
3.       Guru memberikan saran-saran kepada siswa.
4.       Guru menutup pembelajaran dengan berdoa.
5.       Guru mengakiri pembelajaran dengan salam.

VIII.  Alat dan Sumber Bahan
§  Buku cetak Bahasa indonesia kelas V halaman 35.
§  video cerita pendek.
§  Gambar tokoh cerita pendek
.
IX.        Penilaian Hasil Belajar
A.  Format Kriteria Penilaian
1.      Teknik penilaian :
a.         Sikap                      :  Pengamatan.
b.        Keterampilan         : Unjuk Kerja.
c.         Pengetahuan          : Tes Tertulis

2.      Bentuk Instrumen Penilaian :
a.      Sikap (afektif)
Sikap dalam belajar.

No

NamaSiswa
PerubahanTingkahLaku
Disiplin
Tekun
teliti
Tanggung jawab
Rasa hormat dan perhatian
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
1.





















2.





















3.





















4.





















5.








































Keterangan:            SB       = Sangat Baik
`                                     B         = Baik
                                      C         = Cukup
                                      PB       = Perlu Bimbingan

b.     Keterampilan (Psikomotorik)
Mempersentasikan Hasil Diskusi Kedepan Kelas
Penilaian: UnjukKerja
Rubrik Penilaian Keterampilan menjelaskan hasil diskusi tentang video yang telah ditonton.

No

Nama Siswa
Penilaian Keterampilan
Percaya Diri
Tanggung Jawab
Disiplin
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
1.













2.













3.













4.













5.














Keterangan :           SB       = Sangat Baik
`                                     B         = Baik
                                      C         = Cukup
                                      PB       = Perlu Bimbingan

c.       Pengetahuan (Kognitif)
Menjawab soal evaluasi
1.      Pokok permasalahan sebuah cerita, gagasan sentral, atau dasar cerita adalah definisi dari…
a. tema             c. latar
b. amanat         d. tokoh

2.      Segala keterangan, petunjuk, pengacuan yang berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita adalah pengertian dari….
a. tema             c. latar
b. amanat         d. tokoh

3.      Pesan pengarang yang hendak disampaikan pengarang melalui dramanya harus dicari oleh pembaca atau penonton adalah definisi dari….
a. tema             c. latar
b. amanat         d. tokoh
4.      Individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau perlakukan dalam berbagai peristiwa cerita adlah definisi dari….
a. tema             c. latar
b. amanat         d. tokoh
5.      Di suatu kampung yang damai hidup sepasang suami istri miskin. Mereka tinggal disebuah gubuk berdinding kulit kayu dan beratap rumbia di pinggir hutan. Sebagian atapnya sudah berlubang-lubang. Jika hujan datang suami istri itu sibuk menambal atap tersebut dengan daun-daun kayu yang besar.
Berdasarkan kutipan di atas, latar cerita berada di….
a. suatu kampong dipinggiran hutan               c. kota yang ramai
b. desa yang damai                                         d. negeri yang aman dan damai
6.      Joni dalam cerita berwatak baik hati, Joni dalam cerita menokohkan seorang tokoh….
a. antagonis                 c. andalan
b. protagonis               d. tokoh fiktif
7.      Pemandangan Gunung, laut, pantai merupakan contoh dari….
a. latar             c. tema
b. tokoh           d. amanat
8.      Tokoh bawahan yang menjadi kepercataan tokoh sentral (protagonis atau antagonis) disebut juga tokoh
a. antagonis                 c. andalan
b. protagonis               d. tokoh fiktif
9.      Pada zaman dahulu, sekitar abad ke 7 hiduplah seorang raja dan permaisuri. Kata “pada abad ke 7” merupakan latar….
a. waktu          c. status
b. tempat         d. pekerjaan
10.  Cerita tentang wali songo yang menyebarkan islam merupakan cerita bertemakan….
a. ketuhanan    c. permainan
b. kesehatan    d. penjajahan

jumlah soal = 10 buah
skor benar = 10 poin
total skor = 100 poin


Mengetahui,                                                                            Yogyakarta, 25 Mei 2015
Kepala Sekolah SD Cahaya Terang                                        Guru Kelas IV


Dra., Rini Ningsih, M. Pd                                                       Rela Tusriyanto Aji, SPd
NIP. 19581107 197803 2 009                                                NIM. 12005277

thumbnail
Judul: RPP BAHASA INDONESIA KELAS V
Rating:
Ditulis Oleh

Artikel Terkait KURIKULUM 2013 :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz