RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V
/ 2
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
7. Memahami perubahan yang
terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
II.
Kompetensi
Dasar
7.6. Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di
Indonesia dan dampaknya bagi
makhluk hidup dan lingkungan.
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
§ Menyebutkan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
§ Mengidentifikasi dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup
dan lingkungan.
§ Menjelskan cara menanggulangi atau mencegah peristiwa
alam yang terjadi di Indonesia.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
§ Dengan Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
§ Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi
dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan.
§ Dengan berdisuksi, siswa dapat menjelskan cara
menanggulangi atau mencegah peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
v Nilai Karakter
yang dikembangkan:
|
disipin ( discipline), Rasa hormat dan
perhatian ( respect), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) dan Ketelitian ( carefuleness ).
|
V.
Materi Pembelajaran
§ Peristiwa alam beserta dampaknya
VI.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan :Contextual
Teaching and Learning (CTL)
§ Metode : Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan
VII.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
1.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak siswa berdoa.
2.
Guru
menanyakan kabar siswa dan melakukan
presensi.
3.
Guru
bertanya tentang pembelajaran kemarin.
4.
Guru bertanya tentang tanggal 26 mei 2006
terjadi peristiwa.
5.
Guru
memberitahu materi pembelajaran hari ini adalah peristiwa alam beserta dampaknya.
6.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari.
7.
Guru memberitahukan langkah-langkah
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
B.
Kegiatan Inti
1. Guru
bertanya tentang peristiwa alam.
2. Siswa menjawab dan menyebutkan peristwa alam yang terjadi di
Indonesia.
3. Guru
menjelaskan apa itu peristiwa alam dan menyuruh siswa membuka buku pembelajaran ipa.
4. Siswa mendengarkan dan bertanya apa bila belum jelas dengan penjelasan guru.
5. Guru menjelaskan dampak yang di timbulkan dari peristiwa
alam.
6. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan
lingkungan.
7. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil yang
terdiri dari setiap kelompok 2 siswa.
8. Guru membagikan soal yang berupa berupa teka teki.
9. Guru menjelaskan cara menjawab teka teki yang di bagikan.
10. Siswa menjawab sesuai dengan penjelasan guru.
11. Siswa mengumpulkan hasil jawaban yang sudah dikerjakan.
12. Guru menyuruh siswa berdiskusi tentang cara menanggulangi
atau mencegah peristiwa alam itu supaya tidak terjadi.
13. Siswa berdiskusi cara menanggulangi dan mencegah peristiwa
alam supaya tidak terjadi.
14. Guru menunjuk salah satu siswa untuk memperesentasikan
hasil diskusinya.
15. Guru menjelaskan kembali cara menanggulangi dan mencegah
peristiwa alam supaya tidak terjadi.
16. Guru membagikan soal evaluasi kepada siswa.
17. Siswa menjawab soal evaluasi tersebut.
18. Siswa mengumpulkan hasil jawabannya.
C.
Kegiatan Penutup
1. Siswa melakukan refleksi tentang materi yang tadi sudah
dipelajari.
2. Guru memberikan tugas rumah.
3. Guru menutup pembelajaran dengan berdoa.
4. Guru bertanya apakah pembelajaran hari ini menyenangkan
atau tidak.
5. Guru memberikan saran-saran kepada siswa.
6. Guru mengakiri pembelajaran dengan salam.
VIII.
Alat dan Sumber Bahan
§ Buku Bahasa IPA kelasV
§ Gambar-gambar bencana alam di Indonesia
IX.
Penilaian Hasil Belajar
A.
Format
Kriteria Penilaian
1. Teknik penilaian
:
a.
Sikap : Pengamatan.
b.
Keterampilan :
Unjuk Kerja.
c.
Pengetahuan :
Tes Tertulis
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
:
a. Sikap (afektif)
Sikap dalam belajar.
No
|
NamaSiswa
|
PerubahanTingkahLaku
|
|||||||||||||||||||
Disiplin
|
Tekun
|
teliti
|
Tanggung
jawab
|
Rasa hormat
dan perhatian
|
|||||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: SB = Sangat Baik
` B = Baik
C = Cukup
PB = Perlu Bimbingan
b. Keterampilan (Psikomotorik)
Mempersentasikan Hasil Diskusi Kedepan Kelas
Penilaian: UnjukKerja
Rubrik Penilaian Keterampilan Membaca Puisi.
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian Keterampilan
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Tanggung Jawab
|
Disiplin
|
|||||||||||
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
SB
|
B
|
C
|
PB
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : SB =
Sangat Baik
` B = Baik
C = Cukup
PB = Perlu Bimbingan
c.
Pengetahuan (Kognitif)
Menjawab
soal evaluasi
Mengetahui, Yogyakarta, 22 Mei 2015
Kepala Sekolah SD Harapan
Bangsa Guru Kelas I
Dra., RINI
NINGSIH, M. Pd HERU
SUPRIHATIN.
NIP. 19581107 197803 2 009 NIM.
12005277
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro (PPL I)
Dosen Pembimbing:Dra.,Rini Ningsih, M.Pd dan Fitri
Indriani, M.Pd.I
Oleh:
HERU SIPRIHATIN (12005277)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
2015
LAMPIRAN
1.
MATERI
PERISTIWA ALAM
LEMBAR SOAL
1.
PERMAINAN
2.
SOAL
Judul: RPP IPA KELAS V SEMESTER II, MATERI: PENGGUNAAN SUMBER DAYA ALAM
Rating:
Ditulis Oleh
Rating:
Ditulis Oleh
Gambarnya gak kliatan mas
ReplyDeleteIn this manner my associate Wesley Virgin's biography starts with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.
ReplyDeleteAs a matter of fact, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "mind control" tactics that the government and others used to get whatever they want.
These are the same SECRETS lots of celebrities (especially those who "come out of nowhere") and top business people used to become wealthy and famous.
You probably know that you use only 10% of your brain.
That's really because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.
Maybe that expression has even occurred IN YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while driving a non-registered, beat-up bucket of a car without a license and $3 on his bank card.
"I'm absolutely frustrated with living paycheck to paycheck! When will I get my big break?"
You've been a part of those those thoughts, am I right?
Your success story is going to start. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.
UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER