RPP IPA KELAS V SEMESTER II, MATERI: PENGGUNAAN SUMBER DAYA ALAM


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester        : V / 2
Alokasi Waktu           : 1 x 35 menit

I.              Standar Kompetensi
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.

II.           Kompetensi Dasar
7.6. Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi       makhluk hidup dan lingkungan.

III.        Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Menyebutkan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
§  Mengidentifikasi dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan.
§  Menjelskan cara menanggulangi atau mencegah peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.

IV.        Tujuan Pembelajaran
§  Dengan Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
§  Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan.
§  Dengan berdisuksi, siswa dapat menjelskan cara menanggulangi atau mencegah peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
v Nilai Karakter yang dikembangkan:
disipin ( discipline), Rasa hormat dan perhatian ( respect), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) dan Ketelitian ( carefuleness ).

V.           Materi Pembelajaran
§  Peristiwa alam beserta dampaknya

VI.        Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan   :Contextual Teaching and Learning (CTL)
§  Metode         : Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan

VII.     Kegiatan Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
1.       Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak siswa berdoa.
2.       Guru menanyakan kabar siswa dan melakukan presensi.
3.       Guru bertanya tentang pembelajaran kemarin.
4.       Guru bertanya tentang tanggal 26 mei 2006 terjadi peristiwa.
5.       Guru memberitahu materi pembelajaran hari ini adalah peristiwa alam beserta dampaknya.
6.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari.
7.       Guru memberitahukan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
B.  Kegiatan Inti
1.       Guru bertanya tentang peristiwa alam.
2.       Siswa menjawab dan menyebutkan peristwa alam yang terjadi di Indonesia.
3.       Guru menjelaskan apa itu peristiwa alam dan menyuruh siswa membuka buku pembelajaran ipa.
4.       Siswa mendengarkan dan bertanya apa bila belum jelas dengan penjelasan guru.
5.       Guru menjelaskan dampak yang di timbulkan dari peristiwa alam.
6.       Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang dampak  peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan.
7.       Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari setiap kelompok 2 siswa.
8.       Guru membagikan soal yang berupa berupa teka teki.
9.       Guru menjelaskan cara menjawab teka teki yang di bagikan.
10.   Siswa menjawab sesuai dengan penjelasan guru.
11.   Siswa mengumpulkan hasil jawaban yang sudah dikerjakan.
12.   Guru menyuruh siswa berdiskusi tentang cara menanggulangi atau mencegah peristiwa alam itu supaya tidak terjadi.
13.   Siswa berdiskusi cara menanggulangi dan mencegah peristiwa alam supaya tidak terjadi.
14.   Guru menunjuk salah satu siswa untuk memperesentasikan hasil diskusinya.
15.   Guru menjelaskan kembali cara menanggulangi dan mencegah peristiwa alam supaya tidak terjadi.
16.   Guru membagikan soal evaluasi kepada siswa.
17.   Siswa menjawab soal evaluasi tersebut.
18.   Siswa mengumpulkan hasil jawabannya.
C.  Kegiatan Penutup
1.       Siswa melakukan refleksi tentang materi yang tadi sudah dipelajari.
2.       Guru memberikan tugas rumah.
3.       Guru menutup pembelajaran dengan berdoa.
4.       Guru bertanya apakah pembelajaran hari ini menyenangkan atau tidak.
5.       Guru memberikan saran-saran kepada siswa.
6.       Guru mengakiri pembelajaran dengan salam.

VIII.  Alat dan Sumber Bahan
§  Buku Bahasa IPA kelasV
§  Gambar-gambar bencana alam di Indonesia

IX.        Penilaian Hasil Belajar
A.  Format Kriteria Penilaian
1.      Teknik penilaian :
a.         Sikap                      :  Pengamatan.
b.        Keterampilan         : Unjuk Kerja.
c.         Pengetahuan          : Tes Tertulis

2.      Bentuk Instrumen Penilaian :
a.      Sikap (afektif)



Sikap dalam belajar.

No

NamaSiswa
PerubahanTingkahLaku
Disiplin
Tekun
teliti
Tanggung jawab
Rasa hormat dan perhatian
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
1.





















2.





















3.





















4.





















5.



































Keterangan:            SB       = Sangat Baik
`                                     B         = Baik
                                      C         = Cukup
                                      PB       = Perlu Bimbingan

b.     Keterampilan (Psikomotorik)
Mempersentasikan Hasil Diskusi Kedepan Kelas
Penilaian: UnjukKerja
Rubrik Penilaian Keterampilan Membaca Puisi.

No

Nama Siswa
Penilaian Keterampilan
Percaya Diri
Tanggung Jawab
Disiplin
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
SB
B
C
PB
1.













2.













3.













4.













5.













Keterangan :           SB       = Sangat Baik
`                                     B         = Baik
                                      C         = Cukup
                                      PB       = Perlu Bimbingan

c.       Pengetahuan (Kognitif)
Menjawab soal evaluasi
Untitled.jpg


Mengetahui,                                                                           Yogyakarta, 22 Mei 2015
Kepala Sekolah SD Harapan Bangsa                                 Guru Kelas I


Dra., RINI NINGSIH, M. Pd                                              HERU SUPRIHATIN.
NIP. 19581107 197803 2 009                                                            NIM. 12005277


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengajaran Mikro (PPL I)
Dosen Pembimbing:Dra.,Rini Ningsih, M.Pd dan Fitri Indriani, M.Pd.I



Oleh:
HERU SIPRIHATIN (12005277)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
2015
LAMPIRAN

1.    MATERI PERISTIWA ALAM





LEMBAR SOAL
1.      PERMAINAN


2.      SOAL
thumbnail
Judul: RPP IPA KELAS V SEMESTER II, MATERI: PENGGUNAAN SUMBER DAYA ALAM
Rating:
Ditulis Oleh

Artikel Terkait KURIKULUM 2013 :

2 komentar:

  1. In this manner my associate Wesley Virgin's biography starts with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    As a matter of fact, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "mind control" tactics that the government and others used to get whatever they want.

    These are the same SECRETS lots of celebrities (especially those who "come out of nowhere") and top business people used to become wealthy and famous.

    You probably know that you use only 10% of your brain.

    That's really because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe that expression has even occurred IN YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while driving a non-registered, beat-up bucket of a car without a license and $3 on his bank card.

    "I'm absolutely frustrated with living paycheck to paycheck! When will I get my big break?"

    You've been a part of those those thoughts, am I right?

    Your success story is going to start. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz