RPP K 13, KELAS 3, TEMA Aku dan Sekolahku


RENCANA   PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SD Ahmad Dahlan                                                            
Kelas/Semester            : II/1
Tema/Subtema : 4. Aku dan Sekolahku / 1. Tugas-Tugas Sekolahku
Alokasi Waktu            : 1 x 30 menit
Pembelajaran               : 1
A.  KOMPETENSI INTI ( KI)
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR
SBDP
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
PPKn
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Matematika
3.4 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang.




C.      INDIKATOR PENCAPAIAN
SBDP
4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau media yang lain.
PPKn
3.1.1 Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1.1 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam  lambang negara Garuda Pancasila.
Matematika
3.4.1 Menyebutkan berbagai nilai pecahan uang.
4.4.1 Menunjukkan berbagai nilai pecahan uang.

D.  TUJUANPEMBELAJARAN
1.      Dengan mengikuti gerakan pada lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
2.      Dengan mengamati gambar bentuk gerak anggota tubuh, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan percaya diri.
3.      Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.
4.      Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan percaya diri.
5.      Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
6.      Dengan mengamati gambar siswa yang berdoa denga khidmat, siswa dapat berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
7.      Dengan mengamati gambar berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menyebutkan berbagai nilai pecahan mata uang dengan teliti.
8.      Dengan mengamati berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menunjukkan berbagai nilai pecahan mata uang dengan teliti.
E.  MATERI PEMBELAJARAN
Ø  Lagu “Di Sini Senang di Sana Senang"
Ø  Berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
Ø  Contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama.
Ø  Pecahan uang.

F.   PENDEKATAN, STATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan                 : Scientific
2.      Strategi                       : Cooperative learning
3.      Metode                       : Ceramah,tanya jawab, dan diskusi.

G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PELAJARAN
1.        Media                         :
ü Gambar berbagai kegiatan di kelas.
ü Gambar perilaku sesuai simbol sila pertama Pancasila.
ü Berbagai model pecahan mata uang sampai Rp500.
2.      Alat/bahan                   : Lembar kerja, alat tulis, spidol, papan tulis.
3.      Sumber Belajar            : Buku Siswa dan Buku Guru kelas 2

H.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
·      Guru membuka pelajaran dengan berdoa.
·      Guru menyapa siswa dan menanyakan kondisi siswa
·      Guru melakukan presensi.
·      Guru menanyakan tentang pelajaran kemarin.
·      Guru menyampaikan tema/sub tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan menyampaikan tujuan dan manfaat yang akan dicapai dan dipelajari.
4 menit


Kegiatan Inti
·      Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok.
·      Siswa bersama guru menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” sambil menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyian.
·      Siswa diajak mengamati gambar tentang kegiatan siswa yang sedang berdoa ketika memulai pelajaran dengan teliti.
·      Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi gambar yang diamati.
·      Siswa mencoba mengajukan pertanyaan yang dianggap penting untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa.
·      Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dan menjawab pertanyaan.
·      Siswa menyampaikan jawaban yang telah dibuat.
·      Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban yang disampaikan siswa yang tampil.
·      Siswa diajak mengidentifikasi berbagai kegiatan lain yang dilakukan siswa di kelas sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.
·      Siswa membaca lancar berjudul “Awal Belajarku” yang diarahkan pada pengamalan sila pertama Pancasila.
·      Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi teks tentang sila pertama Pancasila.
·      Siswa mengamati gambar tentang sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.
·      Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar yang telah diamati.
·      Siswa menjelaskan gambar dengan bahasa sendiri berdasarkan sikap yang pantas dan tidak pantas ditiru.
·      Siswa dibimbing guru untuk selalu menjalankan perintah agama dengan tekun.
Misalnya: saling berbagi terhadap sesama.
·      Siswa diarahkan pada pengenalan berbagai pecahan uang.
·      Siswa diajak bertanya jawab tentang berbagai pecahan uang yang pernah diamati.
·      Siswa diajak mengamati gambar berbagai pecahan uang pada buku siswa.
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang pecahan uang yang ada pada buku siswa.
·      Siswa kemudian menyelesaikan soal-soal tentang pecahan uang yang disediakan pada kolom latihan.
·      Siswa mengoreksi jawaban yang telah dibuat.
·      Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban masing-masing siswa.
·      Secara berkelompok siswa diminta menjawab pertanyaan guru.
20 menit

Penutup
·      Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·      Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
·      Siswa mengumpulkan hasil kerja.
·      Guru memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut.
·      Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup pelajaran.
6 menit



I.     PENILAIAN
a.    Teknik penilaian :
Penilaian sikap               : Percaya diri, teliti.
Penilaian                        : Observasi (Pengamatan)
Bentuk Penilaian           : Daftar cek
Lembar Pengamatan Perubahan Tingkah laku pada Siswa.
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai!
No
Aspek
Skor
Kriteria
1
Teliti
4
Sangat teliti dalam mengerjakan tugas.
3
Teliti dalam mengerjakan tugas.
2
Kurang teliti dalam melaksanakan tugas
1
Tidak teliti dalam melaksanakan tugas
2
Percaya diri
4
Sangat percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
3
Percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
2
Kurang percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
1
Tidak percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru

Lembar pengamatan :
No
Nama Siswa
Sikap
Deskripsi
Teliti
Percaya diri
4
3
2
1
4
3
2
1
1










2










3










4










5












b.    Teknik Penilaian :
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja
Bentuk Penilaian           : Daftar Cek
Lembar penilaian bermain menirukan Gerakan Anggota Tubuh
Kriteria Penilaian
Terlihat
Belum terlihat
1.      Siswa mampu mengikuti instruksi menirukan gerakan anggota tubuh.


2.      Siswa terlibat aktif dalam menirukan gerakan anggota tubuh


3.      Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah menirukan gerakan anggota tubuh




Hasil Penilaian Bermain Menirukan Gerakan Anggota Tubuh
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat
Belum terlihat
Terlihat
Belum terlihat
Terlihat
Belum terlihat


































c.  Teknik penilaian            :
     Penilaian pengetahuan  :
ü Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan daftar Periksa
ü Penilaian menentukkan berbagai pecahan uang dengan skor
Bentuk Penilaian           : Tes Tertulis

a.    Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan daftar Periksa
Kriteria
Tercapai
Tidak tercapai
1.      Mampu mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan bahasa sendiri


2.      Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar



Hasil Penilaian mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Terlihat
Belum terlihat
Terlihat
Belum terlihat


























b.    Penilaian menentukkan berbagai pecahan uang dengan skor
Banyak soal 5





Mengetahui
Kepala Sekolah SD Ahmad Dahlan



.............................................................
NIP.

Yogyakarta, 23 April 2015
Guru Kelas


Gandes Noor Yuana
NIM. 12005273

thumbnail
Judul: RPP K 13, KELAS 3, TEMA Aku dan Sekolahku
Rating:
Ditulis Oleh

Artikel Terkait KURIKULUM 2013 :

1 komentar:

  1. This is how my friend Wesley Virgin's story launches with this SHOCKING and controversial VIDEO.

    You see, Wesley was in the army-and soon after leaving-he discovered hidden, "self mind control" secrets that the CIA and others used to get everything they want.

    As it turns out, these are the EXACT same tactics tons of famous people (especially those who "come out of nowhere") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You probably know how you use less than 10% of your brain.

    That's mostly because the majority of your brainpower is UNTAPPED.

    Maybe that conversation has even taken place INSIDE your own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind 7 years ago, while driving a non-registered, beat-up garbage bucket of a vehicle without a license and $3.20 in his bank account.

    "I'm so frustrated with going through life check to check! Why can't I become successful?"

    You took part in those types of questions, am I right?

    Your own success story is waiting to start. Go and take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S METHOD

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz