RPP K13 KELAS 3, Tema Lingkungan Sekolahku



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah PPL 1
Dosen Pengampu : Fitri Indriani, M.Pd.I dan Dra., Rininingsih, M.Pd



 













Disusun Oleh:
Gandes Noor Yuana
12005273/ PGSD F


                                                                                           

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
TAHUN 2015

RENCANA   PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar                                                                    
Kelas/Semester            : III/2rpp
Tema/Subtema :6. Lingkungan/3. Lingkungan Sekolahku
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit
Pembelajaran               : 1
A.  Kompetensi Inti ( KI)
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
4.1 Mengamati dan menirukan teksdeskriptif tentang anggota tubuhdan pancaindra, wujud dan sifatbenda, serta peristiwa siang danmalam secara mandiri dalambahasa Indonesia lisan dantulis yang dapat diisi kosakatabahasa daerah untuk membantu penyajian.

Matematika
5.1. Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
5.2. Menghitung luas persegi dan persegi panjang

C.       Indikator Pencapaian
Bahasa Indonesia
a)        Membaca teks bacaan sesuai tema dengan intonasi danejaan yang benar
b)        Menceritakan kembali isi teks yang dibaca dengan bahasa sendiri dengan benar


Matematika
a)        Menentukan rumus keliling persegi dan persegi panjang
b)        Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi dan persegi panjang
c)        Menentukan rumus luas persegi dan persegi panjang
d)       Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi dan persegi panjang.

D.  TujuanPembelajaran
a)    Dengan melakukan praktik membaca, siswa dapatmembaca nyaring dengan lancar.
b)   Setelah membaca nyaring, siswa dapat menceritakankembali isi bacaan menggunakan bahasa merekasendiri dengan tepat.
c)    Dengan melakukan peragaan dengan kertas origami, siswa dapat menemukan rumus keliling, luas persegi dan persegi panjang
d)   Dengan media gambar kertas origami, siswa dapat menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang
e)    Dengan penjelasan dan tanya jawab, siswa dapat menghitung keliling, luas pesegi, persegi panjang dengan menggunakan rumus

E.   Materi Pembelajaran
Teks bacaan “Lingkungan Sekolahku”
Menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang

F.   Pendekatan, stategi dan metode pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi       : Cooperatif Learning and Student Center Learning
Metode       : Ceramah, tanya jawab, diskusi

G.  Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1.        Media              :Teks bacaan “Lingkungan Sekolahku”, kertas origami, kertas karton
2.      Alat/bahan        :Kapur, papan tulis
3.      Sumber Belajar : Tim Bina Matematika. 2011. Matematika SD Kelas III. Jakarta: Yidhistira
                           M. Khafid, Suyati. 2006. Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas                        III.Jakarta: Erlangga
                           Tim Bina Karya Guru. 2007. Bina Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar                           Kelas III Semester 2. Jakarta: Erlangga

H.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
·      Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru menyapa siswa dan menanyakan kondisi siswa (menanyakan apa kabar, ada yang sakit atau tidak)
·      Guru melakukan presensi.
·      Guru menanyakan tentang pelajaran kemarin.
·      Guru memberi motivasi
·      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat yang akan dicapai dan dipelajari.
·      Guru menyampaikan tema/sub tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari ini.
5 menit
Kegiatan Inti
·      Siswa membaca teks “Lingkungan Sekolahku”
·      Guru menanyakan kepada siswa tentang kondisi lingkungan sekolah
·      Guru menanyakan kepada siswa tentang benda-benda yang ada di dalam kelas
·      Siswa menyebutkan bentuk-bentuk benda yang ada di dalam kelas
·      Guru menjelaskan benda yang berbentuk persegi dan persegi panjang.
·      Siswa menyebutkan bentuk persegi panjang yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
·      Siswa bersama guru memperagakan kertas origami/karton berpetak untuk membuat persegi satuan
·      Siswa dibimbing guru menemukan rumus mencari keliling, luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan kertas origami/karton berpetak
·      Guru menjelaskan kepada siswa cara menemukan rumus keliling, luas persegi dan persegi panjang
·      Siswa dibimbing guru menerapkan rumus keliling, luas persegi dan persegi panjang
·      Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
·      Siswa dibimbing guru menghitung luas persegi panjang jika yang diketahui panjang dan lebar persegi panjang
·      Setiap kelompok menuliskan jawaban hasil pengerjaan contoh soal
·      Siswa lain memberikan tanggapan terhadap jawaban kelompok
55 menit
Penutup
·      Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·      Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
·      Siswa mengumpulkan hasil kerja.
·      Guru memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut.
·      Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup pelajaran.
10 menit

I.       Penilaian
a.       Teknik penilaian    :
Penilaian sikap      : Percaya diri, disiplin, dan kerja sama
Penilaian                : Observasi (Pengamatan)
Bentuk Penilaian   : Daftar Cek
Hari/Tanggal    : Rabu, 8 April 2015
Kelas               : III (Tiga)







Lembar Pengamatan Sikap
Nama Siswa
Percaya diri
Disiplin
Kerja sama
Tidakberanitampil
Beranitampil
Beraniberbicara
Beranitampil, berbicaradanbenar
Tidaktepatwaktudantugas
Tepatwaktu
Tepattugas
Tepatwaktudantugas
Tidak bisa berkomunikasi dengan teman
Berani berkomunikasi dengan teman
Berani berkomunikasi dan tepat pada pembelajaran
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
ALFI NUR NISRINA F











ALFIA SAGITA SEKARNING











AMIRILIA SEBA W











ANDIKA RIYANDARU R











ARYA DWI YOGA











AURELETA PRICANDICA M











AZZAHRA SYAKHINA











DINI EVI RAHMALIA











DIVAIS KESYA AULIA











ENDRIAN AGURNA RAMA











FARISKA NUR ISNAINI











JUNITA LINDAWATI











MAYNA TASYA NUR AFIF











MUFARIFATUL NUR A











MUHAMMAD NUR IQSAN











NANDO IRAWAN











NASIRUDIN SALIM











RIVANGKI IBNU WIJAYA











RIZKY RAMADHAN A D











MUHAMMAD RADHITYA











ZULFAN NOVIANDI A











ENDIKO SATRIA HUSADA











LALU ATNAM













b.      Teknik Penilaian                :
Penilaian Keterampilan     : Unjuk Kerja
Bentuk Penilaian               : Daftar cek
Hari/Tanggal    : Rabu, 8 April 2015
Kelas               : III (Tiga)
     KD                  : 4.1 Mengamati dan menirukan teksdeskriptif tentang anggota tubuhdan                                pancaindra, wujud dan sifatbenda, serta peristiwa siang danmalam secara                    mandiri dalambahasa Indonesia lisan dantulis yang dapat diisi kosakata                                   bahasa daerah untuk membantu penyajian.
     Indikator         : 1.Membaca teks bacaan sesuai tema dengan intonasi danejaan yang benar
                        2. Menceritakan kembali isi teks yang dibaca dengan bahasa sendiri dengan                    benar

Lembar Pengamatan Keterampilan
No

Nama
Kriteria
Kemampuan membaca teks bacaan
Volume suara
1
2
3
4
1
2
3
4
1
ALFI NUR NISRINA F








2
ALFIA SAGITA SEKARNING








3
AMIRILIA SEBA W








4
ANDIKA RIYANDARU R








5
ARYA DWI YOGA








6
AURELETA PRICANDICA M








7
AZZAHRA SYAKHINA








8
DINI EVI RAHMALIA








9
DIVAIS KESYA AULIA








10
ENDRIAN AGURNA RAMA








11
FARISKA NUR ISNAINI








12
JUNITA LINDAWATI








13
MAYNA TASYA NUR AFIF








14
MUFARIFATUL NUR A








15
MUHAMMAD NUR IQSAN








16
NANDO IRAWAN








17
NASIRUDIN SALIM








18
RIVANGKI IBNU WIJAYA








19
RIZKY RAMADHAN A D








20
MUHAMMAD RADHITYA








21
ZULFAN NOVIANDI A








22
ENDIKO SATRIA HUSADA








23
LALU ATNAM









Rubrik Membaca Teks “Lingkungan Sekolahku”
No
Kriteria
Baik Sekali

4
Baik

3
Cukup

2
Perlu Bimbingan
1
1.
Kemampuan membaca teks bacaan
Membaca
dengan tepat
dan lancar
Membaca
dengan tepat,
tetapi kurang
lancar.
Pembacaan
kurang tepat.
Belum mampu
membaca
2.
Volume suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang  jelas
Suara sangat pelan dan tidak jelas



c.       Teknik Penilaian                :
       Penilaian Pengetahuan            : Menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang
Penilaian                            : Tes tertulis
Bentuk Penilaian               : Jawaban singkat, uraian
Hari/Tanggal   : Rabu, 8 April 2015
Kelas               : III (Tiga)
     KD                  : 5.1. Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
                             5.2. Menghitung luas persegi dan persegi panjang
     Indikator         : 1. Menentukan rumus keliling persegi dan persegi panjang
                        2. Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi dan                          persegi panjang
                        3. Menentukan rumus luas persegi dan persegi panjang
                        4. Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi dan                          persegi panjang.

A.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.   

9 cm
14 cm
 
Keliling bangun di bawah adalah....


2.    Keliling bangun di bawah adalah....


 





3.    Luas Bangun di bawah adalah...



7 cm
20 cm
 
 





B.     Jawablah pertanyaan berikut!
1.    Desi mempunyai kain berbentuk persegi panjang ukuran panjangnya 17 cm dan lebarnya 14 cm. Berapa cm2 kah kain Desi ?
2.    Sebuah papan berbentuk persegi, panjangnya 30 cm. Berapakah luas papan tersebut ?

                                                 






Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

Kasminingsih                                                                                        Gandes Noor Yuana
                                                                                                             NIM: 12005273
thumbnail
Judul: RPP K13 KELAS 3, Tema Lingkungan Sekolahku
Rating:
Ditulis Oleh

Artikel Terkait KURIKULUM 2013 :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz