RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun untuk memenuhi tugas Mata
Kuliah PPL 1
Dosen Pengampu : Fitri Indriani, M.Pd.I dan Dra., Rininingsih, M.Pd
Disusun Oleh:
Gandes Noor Yuana
12005273/ PGSD F
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
TAHUN 2015
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : III/2rpp
Tema/Subtema :6. Lingkungan/3. Lingkungan Sekolahku
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pembelajaran : 1
A. Kompetensi
Inti ( KI)
KI
1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI
4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
4.1 Mengamati dan
menirukan teksdeskriptif tentang anggota tubuhdan pancaindra, wujud dan
sifatbenda, serta peristiwa siang danmalam secara mandiri dalambahasa Indonesia
lisan dantulis yang dapat diisi kosakatabahasa daerah untuk membantu penyajian.
Matematika
5.1. Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
5.2.
Menghitung luas persegi dan persegi panjang
C. Indikator
Pencapaian
Bahasa Indonesia
a)
Membaca teks bacaan sesuai tema dengan
intonasi danejaan yang benar
b)
Menceritakan kembali isi teks yang
dibaca dengan bahasa sendiri dengan benar
Matematika
a)
Menentukan rumus keliling persegi dan persegi panjang
b)
Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi
dan persegi panjang
c)
Menentukan rumus luas persegi dan persegi panjang
d)
Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi
dan persegi panjang.
D. TujuanPembelajaran
a) Dengan melakukan praktik membaca, siswa
dapatmembaca nyaring dengan lancar.
b) Setelah membaca nyaring, siswa dapat
menceritakankembali isi bacaan menggunakan bahasa merekasendiri dengan tepat.
c) Dengan
melakukan peragaan dengan kertas origami, siswa dapat menemukan rumus keliling,
luas persegi dan persegi panjang
d) Dengan media
gambar kertas origami, siswa dapat menghitung keliling, luas persegi dan
persegi panjang
e) Dengan
penjelasan dan tanya jawab, siswa dapat menghitung keliling, luas pesegi,
persegi panjang dengan menggunakan rumus
E. Materi
Pembelajaran
Teks bacaan “Lingkungan Sekolahku”
Menghitung keliling dan luas persegi dan persegi
panjang
F. Pendekatan,
stategi dan metode pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperatif Learning and Student Center Learning
Metode : Ceramah, tanya
jawab, diskusi
G. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
1.
Media :Teks
bacaan “Lingkungan Sekolahku”, kertas origami, kertas karton
2. Alat/bahan :Kapur, papan tulis
3. Sumber
Belajar : Tim Bina Matematika. 2011. Matematika SD Kelas III. Jakarta:
Yidhistira
M.
Khafid, Suyati. 2006. Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas III.Jakarta: Erlangga
Tim
Bina Karya Guru. 2007. Bina Bahasa
Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas III Semester 2. Jakarta: Erlangga
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa.
· Guru
menyapa siswa dan menanyakan kondisi siswa (menanyakan apa kabar, ada yang
sakit atau tidak)
· Guru
melakukan presensi.
· Guru
menanyakan tentang pelajaran kemarin.
· Guru
memberi motivasi
· Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat yang akan dicapai dan dipelajari.
· Guru
menyampaikan tema/sub tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari
ini.
|
5 menit
|
Kegiatan
Inti
|
·
Siswa membaca teks “Lingkungan Sekolahku”
·
Guru menanyakan kepada siswa tentang kondisi
lingkungan sekolah
·
Guru menanyakan kepada siswa tentang benda-benda
yang ada di dalam kelas
·
Siswa menyebutkan bentuk-bentuk benda yang ada di
dalam kelas
·
Guru menjelaskan benda yang berbentuk persegi dan
persegi panjang.
·
Siswa menyebutkan bentuk persegi panjang yang dikenal
dalam kehidupan sehari-hari
·
Siswa bersama guru memperagakan kertas
origami/karton berpetak untuk membuat persegi satuan
·
Siswa dibimbing guru menemukan rumus mencari
keliling, luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan kertas
origami/karton berpetak
·
Guru menjelaskan kepada siswa cara menemukan rumus
keliling, luas persegi dan persegi panjang
·
Siswa dibimbing guru menerapkan rumus keliling, luas
persegi dan persegi panjang
·
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
·
Siswa dibimbing guru menghitung luas persegi panjang
jika yang diketahui panjang dan lebar persegi panjang
·
Setiap kelompok menuliskan jawaban hasil pengerjaan
contoh soal
·
Siswa lain memberikan tanggapan terhadap jawaban
kelompok
|
55 menit
|
Penutup
|
· Siswa
bersama guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
· Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
· Siswa
mengumpulkan hasil kerja.
· Guru
memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut.
· Guru
mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup pelajaran.
|
10
menit
|
I.
Penilaian
a.
Teknik
penilaian :
Penilaian sikap : Percaya
diri, disiplin, dan kerja sama
Penilaian : Observasi
(Pengamatan)
Bentuk Penilaian : Daftar Cek
Hari/Tanggal : Rabu, 8 April 2015
Kelas : III (Tiga)
Lembar Pengamatan Sikap
Nama Siswa
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Kerja sama
|
||||||||
Tidakberanitampil
|
Beranitampil
|
Beraniberbicara
|
Beranitampil,
berbicaradanbenar
|
Tidaktepatwaktudantugas
|
Tepatwaktu
|
Tepattugas
|
Tepatwaktudantugas
|
Tidak bisa berkomunikasi dengan teman
|
Berani berkomunikasi dengan teman
|
Berani berkomunikasi dan tepat pada
pembelajaran
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
|
ALFI NUR NISRINA F
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ALFIA SAGITA SEKARNING
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
AMIRILIA SEBA W
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ANDIKA RIYANDARU R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ARYA DWI YOGA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
AURELETA PRICANDICA M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
AZZAHRA SYAKHINA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DINI EVI RAHMALIA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DIVAIS KESYA AULIA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ENDRIAN AGURNA RAMA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
FARISKA NUR ISNAINI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUNITA LINDAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MAYNA TASYA NUR AFIF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MUFARIFATUL NUR A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MUHAMMAD NUR IQSAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NANDO IRAWAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NASIRUDIN SALIM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIVANGKI IBNU WIJAYA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIZKY RAMADHAN A D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MUHAMMAD RADHITYA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ZULFAN NOVIANDI A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ENDIKO SATRIA HUSADA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LALU ATNAM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Teknik
Penilaian :
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja
Bentuk
Penilaian : Daftar cek
Hari/Tanggal : Rabu, 8 April 2015
Kelas : III (Tiga)
KD : 4.1 Mengamati dan menirukan
teksdeskriptif tentang anggota tubuhdan pancaindra, wujud dan
sifatbenda, serta peristiwa siang danmalam secara mandiri
dalambahasa Indonesia lisan dantulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator : 1.Membaca teks bacaan
sesuai tema dengan intonasi danejaan yang benar
2. Menceritakan
kembali isi teks yang dibaca dengan bahasa sendiri dengan benar
Lembar
Pengamatan Keterampilan
No
|
Nama
|
Kriteria
|
|||||||
Kemampuan
membaca teks bacaan
|
Volume suara
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
ALFI NUR NISRINA F
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
ALFIA SAGITA SEKARNING
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
AMIRILIA SEBA W
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
ANDIKA RIYANDARU R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
ARYA DWI YOGA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
AURELETA PRICANDICA M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
AZZAHRA SYAKHINA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
DINI EVI RAHMALIA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
DIVAIS KESYA AULIA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
ENDRIAN AGURNA RAMA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
FARISKA NUR ISNAINI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
JUNITA LINDAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
MAYNA TASYA NUR AFIF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
MUFARIFATUL NUR A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
MUHAMMAD NUR IQSAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
NANDO IRAWAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
NASIRUDIN SALIM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
RIVANGKI IBNU WIJAYA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
RIZKY RAMADHAN A D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
MUHAMMAD RADHITYA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
ZULFAN NOVIANDI A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
ENDIKO SATRIA HUSADA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
LALU ATNAM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Membaca Teks
“Lingkungan Sekolahku”
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan membaca teks bacaan
|
Membaca
dengan tepat
dan lancar
|
Membaca
dengan tepat,
tetapi kurang
lancar.
|
Pembacaan
kurang tepat.
|
Belum mampu
membaca
|
2.
|
Volume
suara
|
Volume
suara keras dan jelas
|
Volume
suara jelas
|
Volume
suara kurang jelas
|
Suara
sangat pelan dan tidak jelas
|
c.
Teknik
Penilaian :
Penilaian Pengetahuan : Menghitung keliling dan luas persegi
dan persegi panjang
Penilaian : Tes tertulis
Bentuk
Penilaian : Jawaban singkat,
uraian
Hari/Tanggal :
Rabu, 8 April 2015
Kelas : III (Tiga)
KD : 5.1. Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
5.2. Menghitung
luas persegi dan persegi panjang
Indikator : 1. Menentukan rumus
keliling persegi dan persegi panjang
2. Memecahkan masalah yang berhubungan dengan
keliling persegi dan persegi panjang
3. Menentukan rumus luas persegi dan persegi
panjang
4. Memecahkan masalah yang berhubungan dengan
keliling persegi dan persegi panjang.
A.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1.
|
2.
Keliling bangun di bawah adalah....
3.
Luas Bangun di bawah adalah...
|
B.
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Desi mempunyai kain berbentuk persegi panjang ukuran
panjangnya 17 cm dan lebarnya 14 cm. Berapa cm2 kah kain Desi ?
2.
Sebuah papan berbentuk persegi, panjangnya 30 cm.
Berapakah luas papan tersebut ?
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
Kasminingsih Gandes Noor Yuana
NIM:
12005273
Judul: RPP K13 KELAS 3, Tema Lingkungan Sekolahku
Rating:
Ditulis Oleh
Rating:
Ditulis Oleh
0 komentar:
Post a Comment