RPP KURIKULUM 2013, Kelas/Semester: I/1, Tema/Subtema :1. Diriku/ Tubuhku


RENCANA   PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SD Ahmad Dahlan                                                            
Kelas/Semester            : I/1
Tema/Subtema :1. Diriku/ Tubuhku
Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit
Pembelajaran               :1
A.  Kompetensi Inti ( KI)
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.

PJOK
3.1. Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya

SBDP
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu



C.       Indikator Pencapaian
Matematika
·      Menghitung banyak benda 1-5
·      Menuliskan lambang bilangan 1-5

PJOK
·      Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat

SBDP
·      Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan irama yang tepat
·      Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan

D.  TujuanPembelajaran
·           Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat.
·           Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
·           Setelah mengamati teman yang ada di depan kelas siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
·           Setelah mengamati teman yang ada di depan kelas siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.

Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
Tujuan pembelajaran:
·         Dengan bermain, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat.
·         Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan tertib.

E.   Materi Pembelajaran
·         Syair lagu “Dua Mata Saya”
·         Mengenal Anggota Tubuh
·         Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”

F.   Pendekatan, stategi dan metode pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi       : Active Learning and Student Center Learning
Metode       : Ceramah, tanya jawab, permainan.


G.  Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1.        Media              : Syair lagu “Berhitung”, syair lagu “Dua Mata Saya”, diri anak, syair lagu  “Kepala Pundak”
2.      Alat/bahan        : LCD, proyektor, spidol, kertas
3.      Sumber Belajar : Buku siswa

H.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
·      Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru menyapa siswa dan menanyakan kondisi siswa (menanyakan apa kabar, ada yang sakit atau tidak, sekarang hari apa tanggal berapa dsb)
·      Guru melakukan presensi.
·      Guru menanyakan tentang pelajaran kemarin.
·      Guru memberi motivasi dengan menyanyikan lagu “Berhitung”
·      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat yang akan dicapai dan dipelajari.
·      Guru menyampaikan tema/sub tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari ini.
7 menit
Kegiatan Inti
·      Guru memulai kegiatan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.


Folded Corner: Dua Mata Saya

Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya pakai sepatu baru
Dua tangan saya yang kiri dan kanan
Satu mulut saya tidak berhenti makan
 








·      Siswa menyanyikan lagu bersama-sama disertai
tepukan sesuai irama.
·      Setelah semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut.
·      Setelah semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta salah satu siswa untuk maju dan siswa lain mengamati anggota tubuh siswa yang ada di depan kelas.
·      Siswa dan guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh sambil menunjuk bagian-bagian tubuh siswa yang ada di depan kelas.
·      Siswa berlatih menghitung banyaknya anggota tubuh.
·      Siswa dan guru melakukan permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
·      Dalam permainan ini siswa akan memegang bagian tubuh sesuai instruksi guru.
·      Siswa diminta berdiri.
·      Guru akan mengucapkan kata “Ibu berkata...pegang hidung! (maka siswa diminta memegang hidungnya).
·      Untuk melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru memegang kepala.
·      Seterusnya, siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai abaaba guru.
·      Selesai kegiatan siswa diminta maju dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai dengan permainan.
·      Guru menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.


Folded Corner: Kepala Pundak

Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Daun telinga, mata, hidung, mulut
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
 






18 menit
Penutup
·      Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
·      Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
·      Siswa mengumpulkan hasil kerja.
·      Guru memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut.
·      Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup pelajaran.
10 menit

I.       Penilaian
a.       Teknik penilaian    :
Penilaian sikap      : Percaya diri, disiplin, dan kerja sama
Penilaian                : Observasi (Pengamatan)
Bentuk Penilaian   : Daftar Cek
Tema                : Diriku                                    Hari/Tanggal   : Jumat, 13 Maret 2015
Subtema          : Tubuhku                                Kelas               : 1 (Satu)
Lembar Pengamatan Sikap
Nama Siswa
Percaya diri
Disiplin
Kerja sama
Tidak berani tampil
Berani tampil
Berani berbicara
Berani tampil, berbicara dan benar
Tidak tepat waktu dan tugas
Tepat waktu
Tepat tugas
Tepat waktu dan tugas
Tidak bisa berkomunikasi dengan teman
Berani berkomunikasi dengan teman
Berani berkomunikasi dan tepat pada pembelajaran
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
Mindiarti Dwi S











Khamid Budiman











Ginanjar Agung J











Heru Suprihatin











Ria Tri Kurniasih













b.      Teknik Penilaian                :
Penilaian Keterampilan     : Unjuk Kerja
Bentuk Penilaian               : Daftar cek
Tema                : Diriku                                    Hari/Tanggal   : Jumat, 13 Maret 2015
Subtema          : Tubuhku                                Kelas               : 1 (Satu)
KD                  : 4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator         : Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan irama yang tepat
                          Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan

Lembar Pengamatan Keterampilan
No

Nama
Kriteria
Penguasaan Lagu
Ketepatan mengisi banyak anggota tubuh
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Mindiarti Dwi S








2
Khamid Budiman








3
Ginanjar Agung J








4
Heru Suprihatin








5
Ria Tri Kurniasih









Rubrik Menyanyikan Lagu “Dua Mata Saya” dan mengenal anggota tubuh.
No
Kriteria
Baik Sekali

4
Baik

3
Cukup

2
Perlu Bimbingan
1
1.
Penguasaan lagu
Siswa hafal
seluruh syair
lagu, irama
tepat

Siswa hafal seluruh
syair lagu, irama
kurang tepat atau
sebaliknya.
Siswa hafal sebagian
kecil syair lagu

Siswa belum hafal syair lagu
2.
Ketepatan mengisi banyak anggota tubuh
Semua tepat
Tepat 5-6
Tepat 3-4
Tepat1-2










c.       Teknik Penilaian                :
Penilaian Pengetahuan      : Menghitung banyak anggota tubuh dan menuliskan                                                        lambang bilangannya
Penilaian                            : Tes Tertulis
Bentuk Penilaian               : Jawaban Singkat
Tema   : Diriku                                    Hari/Tanggal   : Jumat, 13 Maret 2015
Subtema          : Tubuhku                    Kelas               : 1 (Satu)
KD                  : 3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda                                  yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Indikator         : Menghitung banyak benda 1-5
                          Menuliskan lambang bilangan 1-5

Berapa banyak benda di bawah ini ?
 
 
 


                                                                                                 
















 







 

 




 












Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas

..........................                                                                                   Gandes Noor Yuana
                                                                                                             NIM: 12005273
thumbnail
Judul: RPP KURIKULUM 2013, Kelas/Semester: I/1, Tema/Subtema :1. Diriku/ Tubuhku
Rating:
Ditulis Oleh

Artikel Terkait KURIKULUM 2013 :

1 komentar:

  1. As reported by Stanford Medical, It's in fact the SINGLE reason women in this country live 10 years more and weigh on average 42 pounds lighter than we do.

    (And realistically, it is not related to genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING to about "how" they eat.)

    P.S, I said "HOW", not "WHAT"...

    TAP this link to reveal if this brief test can help you decipher your true weight loss possibility

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - DMCA
Template Seo Elite oleh Bamz